English English Indonesian Indonesian
oleh

Tren Tektok dan Tantangannya

OLEH: Resky Purnamasari N.
Antropolog & Pendaki Gunung

Tektok (bukan TikTok) adalah sebuah istilah yang belakangan semakin populer di kalangan pencinta alam, khususnya pendaki gunung. Pendakian gaya tektok adalah gaya pendakian tanpa bermalam di puncak karena kembali turun di hari yang sama. Artinya, essensi dari tektok berfokus pada bagaimana mencapai puncak dan kembali dalam waktu sehari.

Banyak keunggulan pendakian tektok dibandingkan dengan pendakian konvensional, yakni waktu, beban, biaya, dampak terhadap lingkungan, terfokus, dan kesiapan mental. Banyak pendaki yang memilih metode ini karena mereka tidak memiliki waktu untuk pendakian berhari-hari karena, misalnya, mereka sibuk bekerja. Oleh karenanya, akhir pekan menjadi waktu yang common digunakan agar mereka tetap dapat bekerja dan tetap dapat menikmati pendakian singkat tanpa mengambil cuti. Selain itu, pendaki tektok membutuhkan stamina yang mumpuni karena ia harus menempuh perjalanan panjang dalam waktu singkat tanpa banyak beristirahat.

Tektok juga hampir tanpa beban bagi pendakinya karena pendaki tidak membawa peralatan yang biasanya diperlukan bagi seorang pendaki gunung, seperti tenda, matras, sleeping bag, kebutuhan logistik untuk bermalam, seperti yang biasa dipersiapkan pendaki konvensional, sehingga pendaki dapat berjalan lebih cepat, lebih aman (dari potensi risiko cedera, nyeri punggung), dan nyaman selama pendakian, terutama pada jalur pendakian yang curam.

Pendakian tektok yang singkat secara signifikan juga menghemat biaya. Oleh karena pendaki hanya perlu membawa perbekalan dan peralatan yang diperlukan untuk sehari penuh, seperti peralatan makan, makanan (termasuk makanan pokok, makanan ringan, minuman, obat-obatan, serta pakaian yang sesuai), dan tanpa biaya akomodasi (seperti penyewaan tenda atau tempat menginap di pos pendakian). Pendaki juga dapat menghemat biaya logistik (seperti bahan bakar untuk memasak, biaya porter, dll.). Pendakian tektok lebih mengandalkan stamina dan persiapan fisik yang matang karena jarak tempuh yang panjang harus diselesaikan dalam satu hari.

News Feed