English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen FKM UMI Gelar Trauma Healing dan Edukasi Bencana pada anak-anak Korban Banjir di Kampung Nipa-nipa 

FAJAR, MAKASSAR—Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan pengabdian kepada masyarakat tepatnya di kampung Nipa-nipa Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala

Kegiatan pengabdian ini dihadiri oleh aparat kelurahan yaitu kepala kelurahan Manggala Arwinah Aminuddin, S.AP.,M.Tr.AP, dan juga dihadiri sebanyak 27masyarakat diantaranya adalahtokoh Masyarakat serta kader posyandu.
 
Pengabdian Masyarakat terlaksana atas kerjasama LPKM Universitas Muslim Indonesia. Adapun dosen dan mahasiswayang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari program studi kesehatan Masyarakat yaitu Dr. A.Rizki Amelia AP,SKM.,M.Kes sebagai ketua.

Anggotanya berasal dari program studi kebidananyaitu Sundari, SST.,MPH dan 2 mahasiswa lainnya.

Ketua PKM di kampung Nipa-nipa Kelurahan Manggala Kecamatan Manggala, Dr. A.Rizki Amelia AP,SKM.,M.Kes mengatakan Selama pelaksanaan pengabdian masyarakat sangat antusiasdalam mengikuti kegiatan tersebut.

Adapun yang hadir pada kegiatan ini sangat antusias dalam mengikuti materipenyuluhan yang diberikan, bahkan Masyarakat banyakmemberikan pertanyaan seputar materi yang diberikan saatitu.

“Jadi kami edukasi dan beri Info kepada masyarakat mengenai apa yang harus dilakukan jika bencanabanjir dating di lingkungan kita dan bagaimana proses terjadinya baji serta penyebab terjadinya banjir,” ucapnya.

Di kelurahan Manggala setiap tahunnya terjadi banjir yang sangat merisaukan Masyarakat yang bertempat tinggal di titik banjir.

Dr Rizki mengatakan karena menurut informasi dari warga bahkan pada saatkemarau Panjang pun wilayah mereka tergenang air.

News Feed