English English Indonesian Indonesian
oleh

Tim Dosen FKG Unhas Edukasi Kesadaran Kesehatan dan Pemeriksaan Gigi Murid di Gowa

FAJAR, MAKASSAR-Tim dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) yang diketuai Nursyamsi, drg., M.Kes, dan beranggotakan Adam Malik Hamudeng, drg., M.Med.Ed serta dosen Farmasi Muhammad Nur Amir, S.Si., M.Si., Apt., telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Timbuseng, Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa, pada Sabtu, 24 September 2024.

Kegiatan ini melibatkan 20 mahasiswa dari program studi Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika, dengan tema kemandirian kesehatan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Menurut Nursyamsi, kegiatan ini didukung oleh hibah Pengabdian Masyarakat Kemendikbud tahun 2024, dengan tujuan membantu mitra dalam merevitalisasi program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) dan Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat (UKGM) melalui sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan organisasi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, tim juga memfasilitasi pengadaan sumber air bersih menggunakan energi terbarukan.

Kegiatan dimulai dengan penerimaan Kepala Puskesmas Patalassang, drg. Akbar, yang didampingi drg. Helvin Rumeen. Selanjutnya, tim melaksanakan berbagai kegiatan dengan mitra, seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pelatihan UKGS kepada guru, siswa, dan kader posyandu, serta pemeriksaan kesehatan dan instalasi sumber air bersih dengan panel surya. Akbar menyambut baik inisiatif ini sebagai langkah positif dalam merevitalisasi UKGS dan UKGM di wilayah kerja Puskesmas Patalassang.

Kepala UPT SD Ganrang Jawa 2, Ramlah juga menyampaikan apresiasinya kepada tim pengabdian FKG Unhas. Ia menyebut bahwa kegiatan ini belum pernah diadakan sebelumnya, dan sangat membantu dalam meningkatkan kesadaran kesehatan, pemeriksaan gigi murid, serta pengadaan air bersih yang telah menjadi keluhan utama di sekolah tersebut. Ramlah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada tim FKG Unhas atas upaya tersebut.

News Feed