English English Indonesian Indonesian
oleh

Memanas, Pesawat Tempur, Kapal Perang, dan Pasukan AS Bersiap di Timur Tengah

FAJAR, WASHINGTON – Amerika Serikat telah mempertahankan peningkatan kehadiran militer di Timur Tengah sepanjang tahun lalu. Sekitar 40.000 pasukan, setidaknya selusin kapal perang dan empat skuadron jet tempur Angkatan Udara tersebar di wilayah tersebut untuk melindungi sekutu mereka Israel dan sebagai pencegah terhadap serangan.

Ketika serangan antara Israel dan Hizbullah meningkat tajam minggu ini, kekhawatiran meningkat bahwa konflik tersebut dapat meningkat menjadi perang habis-habisan, bahkan ketika Tel Aviv terus melakukan perjuangan selama hampir setahun melawan militan Hamas di Gaza.

Hizbullah mengatakan Israel melewati “garis merah” dengan serangan eksplosif terhadap perangkat komunikasinya dan berjanji untuk terus melancarkan serangan rudal sejak kelompok militan Hamas yang didukung Iran menyerang Israel pada 7 Oktober, sehingga memicu perang di Gaza.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant – yang telah berbicara berulang kali minggu ini kepada AS. Menteri Pertahanan Lloyd Austin – telah menyatakan dimulainya “fase baru” perang, mengalihkan fokusnya ke front utara melawan Hizbullah di Lebanon.

Sejauh ini, AS belum menunjukkan adanya penambahan atau perubahan pasukan akibat serangan terbaru ini, dan sudah terdapat peningkatan kekuatan di wilayah tersebut.

“Kami yakin dengan kemampuan yang kami miliki saat ini untuk melindungi pasukan kami dan kami juga harus ikut membela Israel,” kata perwakilan Pentagon, Sabrina Singh, Kamis dikutip Daily Mail.

Seorang pejabat militer mengatakan sumber daya tambahan telah membantu Amerika dalam menghadapi krisis. berpatroli di berbagai wilayah konflik, termasuk operasi yang menargetkan kelompok ISIS di Irak dan Suriah, membela Israel dan melawan ancaman dari Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang menargetkan kapal komersial di Laut Merah dan meluncurkan rudal balistik ke Israel.

News Feed