English English Indonesian Indonesian
oleh

Komisi I DPR RI Apresiasi Kinerja Menlu Retno Marsudi

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Menlu Retno, ada beberapa hal yang menjadi catatan atas peran dan kepemimpinan Indonesia di organisasi internasional. Di antaranya seperti Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB 2019-2020 dan Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022.

“Dalam rangka menjaga prinsip multilateralisme dan dewan ekonomi dan sosial PBB atau UN ECOSOC 2021-2023 dalam rangka pemulihan sosial ekonomi Pasca covid 19,” imbuh Sugiono.

Prestasi lainnya yang diperoleh bagi Indonesia yakni menavigasi forum G-20, yakni presiden Indonesia menjembatani segala perbedaan sehingga menghasilkan deklarasi dan kesepakatan-kesepakatan penting yang berkontribusi terhadap upaya pemulihan nasional dan global dan di bidang regional.

Ia pun menilai peran penting keketuaan Indonesia di ASEAN dengan tema epicentrum of growth dengan tiga aspek utama, yakni membangun pertumbuhan regional, memacu ekonomi digital dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Indonesia juga bersama negara anggota ASEAN lainnya telah dapat memastikan ASEAN yang tetap semakin relevan bagi dunia.

“ASEAN yang terus menjadi pusat pertumbuhan dengan masyarakat yang tangguh dan berdaya. Konsistensi dalam menjalankan amanah konstitusi dalam upaya dan langkah politik luar negeri Indonesia untuk menggalang dukungan bilateral maupun multilateral dan mendukung Perjuangan dan kemerdekaan Palestina,” kata legislator dapil Jateng I ini.

Dengan berbagai capaian yang diraih oleh Kementerian luar negeri tersebut, Sugiono mengungkapkan bahwa segenap pimpinan dan anggota Komisi I DPR RI mengucapkan terima kasih atas semua prestasi yang telah dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri di bawah kepemimpinan Menlu Retno Marsudi.

News Feed