English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Papar Perjalanan Panjang Unhas dalam Menggapai Misi Mencerdaskan Generasi di Usia 68 Tahun

FAJAR, MAKASSAR-Perayaan Dies Natalis ke-68 Universitas Hasanuddin, Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa menyampaikan sambutan yang menyoroti perjalanan panjang universitas dalam menggapai misi mencerdaskan generasi. Sambutan ini disampaikan dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang diadakan pada Upacara Dies Natalis ke-68, di Baruga A.P Pettarani, Kampus Tamalanrea, Sabtu (7/9).

Mengawali pidatonya, Rektor Unhas Prof. JJ mengungkapkan apresiasinya kepada para pimpinan yang hadir, terutama kepada tiga mantan Rektor Unhas yang turut berkontribusi dalam perjalanan panjang institusi ini.

“Unhas kini berusia 68 tahun. Dari 12 pimpinan yang pernah memimpin, tiga di antaranya hadir hari ini. Terima kasih Prof., atas kontribusi dan dedikasinya dalam memperkokoh fondasi dan membawa Unhas melaju menggapai misi mulia: mencerdaskan, mensejahterakan, dan menyehatkan kehidupan bangsa,” ujar Rektor Unhas.

Rektor juga mengulas tantangan besar yang dihadapi Unhas sejak masa kepemimpinannya dimulai pada tahun 2022, yakni era pasca COVID-19, perubahan iklim global, serta krisis politik dunia. Menurutnya, era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) semakin nyata dan menuntut Unhas untuk lebih adaptif, cepat, dan tanggap.

“Di era ini, kecepatan menjadi faktor kunci. Bukan lagi soal siapa yang kuat atau besar, tetapi siapa yang cepat akan memenangkan persaingan. Unhas harus menjadi organisasi yang lebih tangguh, gesit, modern, adaptif, efektif, serta kompak dalam menjalankan misi mulia kita,” tegas Rektor.

Dalam paparannya, Rektor juga menekankan pentingnya persatuan dan kekompakan keluarga besar Unhas sebagai modal utama untuk mencapai misi bersama. Ia berharap bahwa tagline “Unhasku Bersatu, Unhasku Kuat” dapat diwujudkan.

Menuju tahun 2024, Unhas telah mencapai berbagai prestasi di bidang akademik, kemahasiswaan, perencanaan, aset dan kelembagaan, sumber daya manusia, transformasi digital, alumni, kerjasama, penelitian dan publikasi, serta organisasi dan tata kelola. Rektor menegaskan bahwa persatuan dan kekompakan dalam keluarga besar Unhas sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, Rektor juga mengumumkan beberapa inisiatif baru yang sedang dan akan segera diluncurkan oleh Unhas, termasuk pendirian Bank Unhas, Wallacea Research Institute, dukungan JICA untuk Science Techno Park (STP), serta kelanjutan penyelesaian tanah Perdos.

Dalam rangkaian upacara Dies Natalis ke-68 ini, juga diluncurkan beberapa inisiatif penting lainnya, antara lain:

  • Toga Universitas Hasanuddin
  • Buku Edisi Revisi A. Amiruddin
  • Unhas TV Digital
  • Kapal Unhas Explorer 2
  • Produk Inovasi Unhas
  • Produk-produk unggulan Unhas. (*)

News Feed