English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Tambah Tiga Guru Besar dari Fakultas MIPA dan Teknik

“Untuk itu, pemanfaatan rekayasa aliran daya optimal sangatlah penting dan bermanfaat sebagai sebuah perspektif baru dalam proses economic dispatch dan penentuan harga optimal energi Listrik yang sesuai dengan Tingkat keekonomian sumber pembangkitnya,” jelas Prof. Bachtiar.

Prof. Ir. Ardiaty Arief, S.T., M.T.M., Ph.D

Dalam pidatonya yang berjudul “Under Voltage Load Shedding pada Sistem Tenaga Listrik dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu,” dijelaskan bahwa load shedding memgang peran penting dalam Analisa dan kestabilan sistem tenaga listrik ketika sistem mengalami gangguan besar.

Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa load shedding adalah tindakan penanggulangan yang efektif untuk mencegah ketidakstabilan frekuensi atau tegangan

Under-Voltage Load Shedding (UVLS) harus dirancang untuk menstabilkan sistem setelah terjadi gangguan besar dan memastikan batasan keamanan sistem terpenuhi. Skema UVLS dirancang menggunakan metode trajectory sensitivity, yang menghitung sensitivitas terkait dengan kendala sistem dan merancang teknik perhitungan untuk variabel sistem terkait perubahan cepat dalam parameter sistem serta kondisi awal.

Kegiatan Rapat Paripurna Senat Akademik dalam rangka Penerimaan Jabatan Profesor Bidang Ilmu Fisika Keramik (Fakultas MIPA), Bidang Ilmu Operasi Sistem Tenaga dan Pasar Ketenagalistrikan (Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik), dan Bidang Ilmu Analisa dan Pemodelan Sistem Tenaga Listrik (Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik) berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 11.00 Wita. (*)

News Feed