English English Indonesian Indonesian
oleh

Taufiqurrakhman Kembali ke Sulsel Jadi Kakanwil, Begini Sosoknya

FAJAR, MAKASSAR — Taufiqurrakhman kembali ke Sulsel menjadi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulsel. Ini ditandai setelah serahterima jabatan dari Plt Kakanwil Sulsel, Indah Rahayuningsih yang dilaksanakan di Aula Pancasila Kanwil Sulsel, Kamis, 29 Agustus 2024.

Serah terima jabatan ini disaksikan langsung oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Reformasi Birokrasi, Asep Kurnia.

Taufiqurrakhman merupakan putra melahiran Jakarta, 18 November 1968, mengawali kariernya sebagai PNS di Lembaga Pemasyarakat Kelas I Ujung Pandang pada 1 Maret 1991 setelah lulus dari Akademi Ilmu Pemasyarakat atau AKIP pada 1990.

Sejak menjadi pegawai di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Ujung Pandang yang kini menjadi Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar, Taufiqurrakhman dikenal sebagai pribadi yang pemberani, disiplin, dan profesional.

Ia melaksanakan tugas pertamanya sebagai Staf Kesatuan Keamanan dan Pembinaan, yang tinggal di Kompleks Lapas (Kolepas). Hingga pada 19 September 1999, Taufiqurrakhman meninggalkan Sulsel dan mendapat promosi jabatan pertama sebagai Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja pada Rumah Tahanan Negara Kelas I Medaeng Kanwil Jawa Timur, yang sekarang bernama Rutan Surabaya.

Taufiqurrakhman memiliki karier yang cemerlang di berbagai Kanwil dari Indonesia bagian barat, tengah sampai Indonesia bagian timur di Papua Barat. Mulai dari Kepala Kesatuan Pengamanan, Kepala Seksi, Kepala Bidang, Kepala Rutan, Kepala Lapas, Kepala Divisi dan Kepala Kantor Wilayah sudah dijabat olehnya.

News Feed