English English Indonesian Indonesian
oleh

Menteri Israel Ben-Gvir Serukan Orang Yahudi Berdoa di Masjid Al-Aqsa

Berdasarkan kesepakatan “status quo” yang telah berlaku selama puluhan tahun dengan otoritas Muslim, Israel mengizinkan orang Yahudi untuk berkunjung tetapi tidak boleh berdoa. Situs tersebut merupakan inti dari konflik Israel-Palestina, dan saran bahwa Israel akan mengubah aturan tentang ketaatan beragama di sana telah menyebabkan kekerasan di masa lalu.

Menteri Pendidikan Yoav Kisch mengatakan setiap perubahan terhadap status quo di masjid tersebut, terutama di masa perang, harus dilakukan “secara profesional di kabinet bersama dengan pemeriksaan semua makna dan konsekuensinya.”

“Pernyataan Menteri Ben Gvir yang tidak bertanggung jawab di media tentang masalah ini adalah populisme yang tidak perlu dan bodoh,” katanya dalam sebuah pernyataan di X.

Komentar hari Senin itu muncul kurang dari dua minggu setelah Ben-Gvir memicu kemarahan dengan mengunjungi kompleks tersebut bersama ratusan pendukungnya, banyak di antaranya tampak berdoa secara terbuka yang menentang aturan status quo.

Dengan para negosiator yang berusaha mencapai kesepakatan untuk menghentikan pertempuran di Gaza dan membawa kembali 109 sandera Israel dan asing, dan dengan meningkatnya ketegangan dengan gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon selatan, komentar Ben-Gvir dikritik karena melemahkan posisi Israel.

Ben-Gvir juga dikritik oleh beberapa orang Yahudi Ortodoks, yang menganggap tempat itu terlalu suci untuk dimasuki orang Yahudi. (amr)

News Feed