English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Poltekkes Makassar Gandeng KKB-TMI Gelar Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Gratis

FAJAR, MAKASSAR — Dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Makassar Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Yaumil Fachni Tandjungbulu, MKes, dan Alfin Resya Virgiawan, MSi, berkolaborasi dengan Kerukunan Keluarga Besar Taman Makassar Indah (KKB-TMI) Kelurahan Bangkala.

Kedua pihak menggelar pemeriksaan kesehatan (laboratorium) gratis dan penyuluhan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM), Rabu. 14 Agustus 2024.

Ketua Tim Pengabdi, Yaumil, mengatakan,
dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan laboratorium berupa pengukuran kadar kolesterol total, asam urat, glukosa darah, hemoglobin, golongan darah (pada anak), dan pengukuran tekanan darah.

“Selain itu pula dilakukan edukasi dan penyuluhan bagaimana cara hidup sehat kepada masyarakat. Kegiatan tersebut terlaksana dengan sangat baik. Warga sangat antusias datang memeriksakan kesehatan. Baik dari kalangan  bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak,” jelasnya.

Total peserta mencapai lebih dari 100 orang yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di wilayah Kelurahan Bangkala tersebut. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hari hingga pukul 21.30 Wita.

“Pentingnya kami melakukan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta pentingnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan medical check up secara rutin dan teratur agar dapat memantau status kesehatan secara dini. Hal ini tentunya sangat diperlukan untuk memantau status kesehatan masyarakat, dengan hasil akhir diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan bangsa,” tutur Yaumil.

News Feed