English English Indonesian Indonesian
oleh

Parepare Bangun Laboratorium Kesehatan Daerah Senilai Rp8,5 Miliar, Labkesda Lama Dipindahkan

PAREPARE, FAJAR — Pemkot Parepare melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Parepare akan membangun Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Mulai dikerja tahun ini.

Proyek tersebut dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Diskes Parepare 2024 senilai Rp8,5 miliar. Diketahui, Labkesda tersebut akan dibangun di Kecamatan Soreang, dekat kampus IAIN Parepare.

Labkesda itu akan dikerjakan oleh CV Antar Indonesia yang beralamat di Jl AP Pettarani Komp. IDI Blok GA8 No 27 Makassar sebagai pemenang tender berdasarkan data LPSE Parepare.

Kadiskes Parepare Rahmawaty mengatakan pembangunan labkesda ini sesuai dengan standar. Diharapkan bisa memuat lebih banyak alat-alat kesehatan (alkes) karena Labkesda Parepare saat ini terbilang kecil.

“Kita sebenarnya sudah mempunyai laboratorium kesehatan yang di Lumpue, cuman ini kita membangun dengan bisa memuat lebih banyak alat,” katanya.

Pembangunan labkesda ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan relokasi agar memenuhi standar Labkesda. “Saat ini sudah tanda tangan kontrak (dengan pemenang tender),” tambahnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Parepare Yusuf Lapanna mengatakan Labkesda Parepare yang akan dibangun ini akan difungsikan sebagai pengujian makanan dan minuman.

“Harapan kita dengan adanya labkesda ini memudahkan kerja-kerja yang dilakukan oleh Diskes Parepare terkait masalah pengujian makanan dan minuman itu lebih ditingkatkan lagi dengan adanya ini,” kata legislator Gerindra ini.

Saat ini Labkesda Parepare memang kurang memadai tempatnya, sehingga dengan dibangunnya lab baru, dapat memaksimalkan pelayanan Pemkot Parepare kepada masyarakat. (ams/zuk)

News Feed