English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa IAIN Palopo Dampingi Komunitas Muslim Thailand


Ikut Pengabdian Internasional

FAJAR, MAKASSAR- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo memberikan pengalaman baru bagi mahasiswanya di dunia internasional melalui pengabdian masyarakat di Thailand. Di sana, mahasiswa akan mengajar dan melakukan pendampingan ke komunitas masyarakat muslim setempat.

Ada sembilan orang mahasiswa IAIN Palopo yang terlibat dalam International Community Engagement Program tersebut, 1-22 Agustus 2024. Program ini merupakan kolaborasi antara pihak International Office dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat IAIN Palopo.

Koordinator Pusat Pegabdian Masyarakat Dr Adzan Noor Bakri mengatakan, program tersebut akan berfokus pada komunitas muslim Thailand Selatan. Mereka fokus pendampingan aset komunitas Muslim. Selain itu, mahasiswa juga akan melakukan kegiatan dalam bidang pendidikan, ekonomi, hukum, sosal budaya.

Para mahasiswa yang berangkat ini tidak sendiri, mereka didampingi lembaga mitra dalam program tersebut di Thailand. Lembaga ini adalah Yayasan Pusat Pengacara Muslim Pattani (MAC Pattani), Jaringan Mangsa Undang-undang Darurat (JASAD Pattani), Institut Penyelidikan dan Pembangunan Insan Pattani (INSANI). Juga Maahad Darul Maarif Di bawah naungan Majlis Agama Islam Wilayah Pattani (Darul Maarif), Pusat Anak Yatim Nurantara (Nusanta)

Para peserta akan bekerja sama dengan komunitas lokal untuk membantu mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat Muslim di Thailand.

“Sembilan mahasiswa yang mengikuti program ini, telah melewati seleksi yang ketat. Baik secara administrasi, pengecekan kesehatan, kemampuan tes baca tulis Al-qur’an dan kemampuan bahasa asing yang menjadi prioritas,” tambahnya.

News Feed