English English Indonesian Indonesian
oleh

Peluang dan Tantangan Transformasi Ekonomi Digital Dibahas di Kuliah Umum Unibos

HARIAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Universitas Bosowa (Unibos) mengajak Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta Prof Mohamad Irhas Effendi membawakan kuliah umum.

Mengangkat tema “Transformasi Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0”. Digelar di Balai Sidang 45 Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Selasa, 30 Juli.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Prof Mohamad Irhas Effendi menjelaskan bahwa ekonomi digital merupakan aktivitas ekonomi yang sangat bergantung dan mengalami peningkatan sifnifikan melalui pemanfaatan berbagai unsur digital.

“Unsur-unsur tersebut mengakup teknologi digital, infrastruktur digital, layanan digital, serta data digital,” jelasnya.

Prof Mohamad Irhas Effendi memaparkan, ada lima prinsip utama dalam pengembangan ekonomi digital. Diantaranya yakni prinsip kesetaraan digital yang merupakan prinsip untuk memastikan semua lapisan masyarakat.

“Ini memiliki akses yang setara dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dan sumber daya digital secara efektif,” ucapnya.

Prof Mohamad Irhas Effendi menyebut, untuk menghadapi era industri 4.0 dan society 5.0, perlu mempelajari dan menguasi literasi baru.

Meliputi literasi data, literasi teknologi, literasi manusia, dan pembelajar sepanjang hayat.

Ia menambahkan, untuk mempersiapkan generasi mendatang, diperlukan penguatan pendidikan karakter.

“Perlu membangun platform pendidikan yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa utama dengan memperhatikan keberagaman budaya Indonesia, serta merevitalisasi dan memperkuat potensi kompetensi ekosistem pendidikan,” tambah Prof Mohamad Irhas Effendi.

News Feed