English English Indonesian Indonesian
oleh

Raja Narkoba Meksiko Ismael “El Mayo” Zambada Ditangkap di Texas

FAJAR, TEXAS—Raja narkoba Meksiko Ismael “El Mayo” Zambada ditangkap otoritas Amerika Serikat di Texas. Departemen Kehakiman AS mengatakan, El Mayo ditangkap, Kamis, 25 Juli 2024 waktu setempat.

El Mayo yang merupakan pemimpin lama kartel Sinaloa Meksiko ditangkap bersama Joaquín Guzmán López, putra pemimpin kartel terkenal, Joaquín “El Chapo” Guzmán.

Pejabat federal Meksiko mengatakan kepada The Associated Press bahwa Zambada dan Guzmán López tiba di Amerika Serikat dengan pesawat pribadi dan menyerahkan diri kepada pihak berwenang.

Sebelum penangkapannya, Pemerintah Amerika Serikat sudah menawarkan hadiah hingga $15 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Zambada, yang tidak bisa disentuh pihak berwenang selama beberapa dekade.

“Fentanyl adalah ancaman narkoba paling mematikan yang pernah dihadapi negara kita, dan Departemen Kehakiman tidak akan berhenti sampai setiap pemimpin kartel, anggota, dan rekanan yang bertanggung jawab atas keracunan masyarakat kita dimintai pertanggungjawaban,” kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam sebuah pernyataan. (amr)

News Feed