English English Indonesian Indonesian
oleh

Usaha Sosial Rappo Indonesia Berdayakan Perempuan Disabilitas di Makassar

FAJAR, MAKASSAR — Rappo Indonesia melaksanakan pembukaan program “Percaya 2024, Product Eco Friendly Perempuan Difabel” yang berlangsung di Kantor Pusat Rappo Indonesia, selama 17-18 Juli 2024.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Grabdan Benih Baik ini merupakan inisiatif sosial yang bertujuan untuk memberikan pelatihan pengelolaan limbah kain dan sampah plastik, serta pengelolaan bisnis kepada perempuan disabilitas di Makassar.

Sehingga mereka dapat berkontribusi terhadap lingkungan dan meningkatkan ekonomi tanpa bergantung pada keterbatasan kondisi mereka.

Program “Percaya 2024” akan dilaksanakan selama enam bulan. Terdiri dari dua bulan pembelajaran intensif yang dilaksanakan setiap sekali dalam sepekan dan tiga bulan pendampingan bisnis.

Proses belajar tidak hanya mencakup pembuatan produk tetapi juga aspek bisnis seperti pengelolaan keuangan, administrasi bisnis, pemasaran, operasional, dan lainnya. Selain itu, dalam masa pendampingan, para peserta juga akan mendapatkan bantuan modal usaha untuk memulai bisnis mereka sendiri.

“Program ini dirancang untuk memberikan keterampilan praktis dan pengetahuan bisnis yang dapat membantu perempuan disabilitas menjadi lebih mandiri secara ekonomi. Kami percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, mereka dapat mengatasi tantangan dan mencapai kesuksesan,” ujar Akmal Idrus, Founder & CEO Rappo Indonesia, Jumat, 19 Juli 2024.

Sejak berdiri, Rappo Indonesia telah berkolaborasi dengan perempuan prasejahtera di kawasan pesisir Untia, Makassar, hingga Cilodong, Depok, Jawa Barat, untuk memberdayakan mereka dalam pembuatan produk daur ulang dari sampah kantong plastik menjadi produk bernilai ekonomi.

News Feed