English English Indonesian Indonesian
oleh

Usai Euro dan Copa America 2024, Bintang Veteran Pamitan

FAJAR, PARIS—Bintang-bintang veteran berpamitan setelah Piala Eropa dan Copa America 2024. Mereka mengumumkan pensiun dari sepak bola dan tim nasional.

Ada setidaknya lima nama superstar gaek yang menyatakan pensiun setelah turnamen musim panas ini. Kelima bintang tersebut yakni, Toni Krros, Angel Di Mari, Jesus Navas, Thomas Muller, dan Olivier Giroud.

Kroos mengumumkan sepenuhnya gantung sepatu dari dunia sepak bola. Setelah pengumuman di level klub, eks pemain Real Madrid  itu juga mundur dari sepak bola internasional.

Sang gelandang gantung sepatu selamanya setelah Jerman disingkirkan Spanyol di babak delapan besar Piala Eropa 2024.  Pemain berusia 34 tahun itu sebenarnya sudah pensiun dari timnas  pada tahun 2021 tetapi membatalkan keputusannya setelah berdiskusi dengan pelatih Julian Nagelsmann.

Dikenal karena kreativitasnya yang luar biasa, visinya, dan kemampuan bola matinya, Kroos adalah bagian dari tim Jerman yang memenangi Piala Dunia 2014 . Kroos meninggalkan olahraga ini sebagai salah satu pemain paling berprestasi dalam sejarah sepak bola dengan 23 trofi bersama Madrid.

Keptusan Kross disusul rekannya di timnas, Thomas Muller. Penyerang Munchen itu  mengumumkan pengunduran dirinya  dari sepak bola internasional pada hari Senin, 15 Juli 2024  setelah berkarir selama 14 tahun termasuk meraih gelar Piala Dunia 2014 bersama Kroos.

Striker berusia 34 tahun itu bermain 131 kali untuk negaranya dan mencetak 45 gol. “Saya selalu bangga bisa bermain untuk negara saya. Kami merayakannya bersama dan terkadang menitikkan air mata bersama,” katanya dalam video yang diunggah di YouTube.

News Feed