English English Indonesian Indonesian
oleh

27 Tim Penelitian Kolaboratif Rumah Sakit Teken Kontrak Hibah Unhas

FAJAR, MAKASSAR-Sebanyak 27 judul proposal Penelitian Kolaboratif Rumah Sakit Hibah Universitas Hasanuddin Tahun Anggaran 2024 berhasil menerima pendanaan dari total 65 usulan proposal. Pengumuman ini ditandai dengan penandatanganan kontrak oleh para pemenang penelitian yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Penandatanganan kontrak berlangsung pukul 10.30 WITA di Aula LPPM Unhas, Kampus Tamalanrea, Senin (8/7).

Ketua LPPM Unhas, Prof. Dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D., Sp.MK., menyampaikan harapannya agar judul-judul penelitian yang diusulkan dapat membawa hasil yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Nasrum berharap agar penelitian-penelitian tersebut dapat menghasilkan temuan yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Lebih lanjut, Prof. Nasrum menekankan pentingnya efisiensi dalam pelaksanaan program kerja. Menurutnya, dana yang telah diperoleh harus dimanfaatkan secara optimal agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat luas, sehingga hasil dari penelitian tersebut tidak hanya relevan secara akademis, tetapi juga memberikan manfaat praktis dan berkelanjutan.

“Dengan begitu, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para peneliti, tetapi juga memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan sekitar. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi langkah nyata dalam membawa perubahan yang lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Prof. Nasrum.

Melalui program penelitian yang dilaksanakan oleh Universitas Hasanuddin, peneliti rumah sakit di lingkup Unhas dapat mengoptimalkan penerapan praktik klinis berdasarkan bukti-bukti ilmiah terkini. Dengan demikian, tidak hanya mutu pelayanan yang dapat ditingkatkan, tetapi juga pendidikan klinik bagi para tenaga kesehatan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmiah terbaru.

Melalui hibah penelitian internal ini, lanjut Nasrum, Unhas dapat mendukung para staf Rumah Sakit Pendidikan dalam lingkupnya guna melaksanakan penelitian yang berkualitas serta relevan dengan kebutuhan dan tuntutan zaman, guna menjaga dan meningkatkan posisi kami sebagai lembaga pendidikan dan pelayanan kesehatan yang unggul dan inovatif.

27 judul proposal ini terdiri dari 5 judul proposal oleh tim Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unhas, 4 judul oleh tim Rumah Sakit Hewan Unhas, dan 18 judul proposal oleh Rumah Sakit Pendidikan Unhas. 

Sebagai tahun pertama diadakannya program hibah penelitian kolaboratif ini, diharapkan pencapaian tahun ini dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan jumlah dan kualitas proposal yang diusulkan di tahun-tahun berikutnya. Para peneliti diharapkan tetap berkomitmen menjaga kualitas dan relevansi penelitian, sehingga di masa mendatang, capaian yang lebih besar dapat diraih. Hal ini akan memperkuat posisi Unhas sebagai lembaga pendidikan dan pelayanan kesehatan yang unggul dan inovatif. (*)

News Feed