English English Indonesian Indonesian
oleh

Ma’refat Institute Bahas Paradigma Pancasila dan Kerusakan Ekologi Lingkungan

Adapun Rijal M Idrus, memaparkan pemikirannya dengan mengungkapkan bahwa survei di Indonesia sebagai negara yang paling religius dengan indikator kepercayaan kepada Tuhan yang sangat tinggi, yakni kurang lebih 93 persen.

Berbeda halnya dengan Jepang, yang hanya menempatkan 10 persen dari masyarakatnya yang percaya pada Tuhan. Parahnya, ketika survei terkait judi online keluar, Indonesia menempati posisi tertinggi. Ini memberi gambaran kepada kita bahwa ada masalah antara hubungan manusia dengan Tuhan. Dan tentu saja, berkaitan juga dengan hubungan manusia terhadap alam dan lingkungan hidup.

“Lalu, perusahaan apa yang terkaya sepanjang masa? Jawabannya adalah VOC. Perusahaan dagang Belanda yang memiliki kekayaan ditaksir senilai USD8,1 triliun. Nilai tersebut setara dengan 10-20 perusahaan kaya untuk menyamai kekayaannya. Ini adalah sebuah fakta sejarah yang berhubungan dengan sejarah negara kita,” kata dia.

Ia memaparkan, usia negara Indonesia ialah 79 tahun. Sementara VOC mencapai kejayaannya pada umur 31 tahun. VOC dan Indonesia beroperasi di wilayah yang sama. Namun di usia negara Indonesia yang dua kali lipat VOC, belum juga mampu menyamai kekayaan VOC.

“Itu berarti, ada yang salah dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA) kita. Benar bahwa VOC menjajah banyak tempat, tapi 98 persen kekayaannya bersumber dari bumi nusantara. Tapi pada akhirnya VOC bangkrut karena korupsi, dan korupsi jugalah yang menjadi sebab dari segala kehancuran. Termasuk krisis lingkungan hidup yang kita saksikan hari ini,” terangnya.

News Feed