English English Indonesian Indonesian
oleh

Sebulan sebelum Olimpiade Paris, Sungai Seine Masih Kotor dan tidak Aman untuk Lomba

FAJAR, PARIS—Sungai Seine masih gagal dalam uji kualitas air satu bulan sebelum Olimpiade Paris. Padahal, sungai itu disiapkan tuan rumah untuk lomba renang perairan terbuka dan cabang renang triathlon.

Hasil tes yang dirilis oleh kantor Wali Kota Paris Jumat ini menunjukkan tingkat bakteri E.Coli – yang merupakan indikator kotoran – jauh di atas batas atas yang ditetapkan oleh federasi olahraga.

Pada tanggal 18 Juni, tingkat E.Coli 10 kali lipat dari tingkat yang dapat diterima dan tidak pernah berada di bawah batas atas 1.000 unit pembentuk koloni per 100 mililiter (cfu/ml) yang digunakan oleh Federasi Triathlon Dunia.

Hasil pengukuran bakteri enterococci lebih baik, namun masih berada pada tingkat yang tidak aman selama beberapa hari pada minggu lalu.

“Kualitas air masih menurun karena kondisi hidrologi yang tidak menguntungkan, sedikit sinar matahari, suhu musiman di bawah rata-rata, dan polusi di hulu,” kata kantor walikota dalam sebuah pernyataan dikutip dari France 24.

Pihak berwenang Perancis telah menghabiskan 1,4 miliar euro ($1,5 miliar) dalam satu dekade terakhir untuk mencoba membersihkan sungai dengan memperbaiki sistem saluran air limbah Paris, serta membangun fasilitas pengolahan dan penyimpanan air baru.

Panitia sendiri bersikeras bahwa cuaca kering dan sinar matahari di bulan Juli sudah cukup untuk membuat Seine cocok untuk acara renang luar ruangan. (amr)

News Feed