English English Indonesian Indonesian
oleh

Inanta Edukasi Pentingnya Vaksinasi Bagi Petani, Nelayan, dan Masyarakat Adat

Sementara praktisi media dari Harian Fajar, Widyawan Setiadi membeberkan berbagai pengalaman lapangan saat melakukan tugas liputan di masa pandemi. Dia membeberkan banyak temuan mengenai peran media di masa pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat. Social distancing, physycal distancing, sampai dengan pemberlakuan PSBB dan PSBK, membuat pola hidup masyarakat berubah drastis.

”Itu sebabnya pemerintah menggalakkan vaksinasi secara masif. Karena itu bisa membantu masyarakat dalam menghadapi ancaman Covid-19 yang sedang masif terjadi,” ujarnya.

Dia juga membeberkan, media punya peran penting di masa itu. Khususnya dalam hal menyebarluaskan informasi dan edukasi kepada masyarakat, berkaitan dengan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari pada masa pandemi.

”Di Koran FAJAR itu ada halaman kebiasaan baru. Di sana tertuang semua informasi dan edukasi untuk masyarakat mengenai hal-hal yang perlu dilakukan selama masa pandemi agar terhindar dari jangkitan Covid-19,” tuturnya.

Sementara Direktur Yayasan Inanta, Leonardy Sambo menyampaikan, pihaknya juga aktif ambil bagian mengedukasi masyarakat, khususnya dalam hal pelaksanaan vaksinasi.

”Kami intens komunikasi dengan pemerintah dan media juga di masa pandemi. Makanya kami beberapa kali menggelar vaksinasi, menyemprot disinfektan dan membagikan masker kepada masyarakat,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Leo itu berharap, masyarakat tetap memperhatikan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya bagi nelayan, petani, dan masyarakat adat, yang cenderung punya aktivitas dengan mobilitas tinggi.

News Feed