English English Indonesian Indonesian
oleh

Sastra Indonesia Unhas Raih Akreditasi Unggul, Munira: Peluang Mahasiswa Dapat Beasiswa Makin Terbuka

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin (FIB Unhas) mendapatkan Akreditasi Unggul. Sertifikat Akreditasi ini dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No.4226/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/V/2024. Sertifikasi itu ditandatangani Direktur Dewan Eksekutif, Prof Ari Purbayanto tertanggal 21 Mei 2024.

Ketua Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas, Munira Hasyim membenarkan, telah menerima sertifikat akreditasi tersebut. “Alhamdulillah, Sastra Indonesia FIB Unhas telah terakreditasi UNGGUL,” ujarnya, Selasa, 28 Mei 2024.

Munira menyebutkan, visi Sastra Indonesia menjadi Pusat Pengkajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia yang Unggul tahun 2023 akhirnya mendapat pengakuan pemerintah. “Kita telah mampu mewujudkan visi departemen,” paparnya.

Menurutnya, diraihnya Akreditasi Unggul ini berarti membuka peluang yang besar kepada mahasiswa mendapatkan fasilitas beasiswa dari pemerintah, sedangkan untuk alumni dapat menggunakannya dalam pengurusan beasiswa S2 ataupun memenuhi persyaratan mendapatkan pekerjaan pada perusahaan/instansi yang mempersyaratkan akreditas program studi harus Unggul.

“Insyaallah, kita akan terus meningkatkan kualitas kinerja tri dharma (pendidikan & pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat) sehingga kita selalu UNGGUL,” ungkapnya.

Diketahui, Program Studi Sastra Indonesia FIB Unhas mempunyai sejumlah tujuan untuk mewujudkan visi-misi yaitu, pertama, menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing dalam bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia; kedua, menghasilkan penelitian yang berkualitas dalam bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia; ketiga, menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan baik dalam tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Sebelumnya juga Sastra Indonesia Unhas bersama dua program studi lainnya, S1 Bahasa Daerah, dan S2 Ilmu Linguistik menjalani tahap penilaian akreditasi internasional oleh Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA), Senin (27/5/2024).

Para assessor yang terlibat adalah Prof. Dr. Andrea Dlaska (Middlesex University London), Dr. Soe-Tjen Marching (University of London), Prof. Dr. Edwin Wieringa (University of Cologne), Prof. Dr. Ali Formen (Semarang State University), Denisa Koch Erich Kästner (Comprehensive School Homberg), Janina Kofoet (University of Hamburg). (*/)

News Feed