English English Indonesian Indonesian
oleh

Bina Desa di Maros, FISIP Unhas Dorong Peningkatan Kapasitas Pemerintah Untuk Pengelolaan Sampah

FAJAR, MAROS- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Bina Desa. Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Kesadaran Masyarakat dalam Penanganan Sampah di Desa Moncongloe Kabupaten Maros ini diadakan di Kantor Desa Moncongloe, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Unhas yang diwakili Adnan Kasogi, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerintah desa dalam mengelola sampah di wilayahnya serta menumbuhkan kesadaran masyarakat Desa Moncongloe tentang pentingnya penanganan sampah yang baik dan benar.

“Hal ini menjadi penting mengingat isu penanganan sampah menjadi tantangan tersendiri bagi banyak desa di Indonesia. Itulah kami terpanggil untuk turut terlibat dalam membantu pemerintah desa dalam penanganan sampah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Moncongloe, Herwan, menyambut positif kegiatan ini dan menyatakan komitmen pihak desa untuk menindaklanjuti hasil pelatihan dan menerapkannya di Desa Moncongloe.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian FISIP Unhas. Kami akan berusaha menerapkan pengetahuan yang didapatkan untuk mengelola sampah di desa kami dengan lebih baik,” ungkapnya.

Katanya, Bina Desa FISIP Unhas di Desa Moncongloe ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya peningkatan kapasitas pemerintah desa dan kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah secara maksimal.

News Feed