English English Indonesian Indonesian
oleh

HUT ke-32, Bukit Baruga Komitmen Terus Hadirkan Ruang Terbuka Hijau untuk Dinikmati Semua Kalangan

MAKASSAR, FAJAR — Bukit Baruga merayakan puncak hari ulang tahun (HUT) ke-32 di Baruga Driving Range Golf, Sabtu, 25 Mei 2024. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan HUT ke-12 Bugis Waterpark Adventure.

Ratusan pengunjung mengikuti berbagai aktivitas menarik. Sebut saja, pemeriksaan kesehatan mata gratis, kids activity, Baruga Fun Run 5K, senam sehat, lomba masak, live music perform, dan donor darah.

Kegiatan dimulai pada pukul 06.00 Wita. Sekitar 500 pelari dari berbagai komunitas berlari sejauh lima kilometer. Panitia menyiapkan 150 medali untuk 150 peserta yang berhasil finis pertama.

Keseruan lainnya juga hadir di sela-sela talkshow bertajuk “Gangguan Mata Tersering”. Pengunjung tertarik untuk mengetahui apa saja tanda-tanda mata terserang katarak, dan bagaimana meminimalisasi potensinya.

“Katarak mulai menyerang di usia 40 tahun ke atas. Tanda-tanda paling umum itu adalah ketika melihat benda berwarna putih, namun mata menangkapnya sebagai warna kuning,” ucap Dokter Mata JEC Orbita, dr Melia.

Tanda lainnya, saat berada dalam rumah di siang hari, mata seperti melihat asap. Menurut dr Melia, semua orang yang berusia 50 tahun ke atas berpotensi menderita katarak. Katarak pun ada gradenya untuk mengetahui tingkat keparahannya. Biasanya, di atas grade tiga barulah bisa dianjurkan untuk melakukan operasi mata. Maka, kesehatan mata sangat penting dijaga sejak dini. Pola makan dan gaya hidup juga ikut mempengaruhinya.

“Ketika beraktivitas di luar ruangan, usahakan memakai topi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari langsung. Selain itu, hindari mengucek bola mata ketika terasa gatal atau kering. Itu bisa bikin silinder (gangguan refraksi mata) bertambah,” urainya.

News Feed