English English Indonesian Indonesian
oleh

Monitoring Media Sosial dan Berita Daring untuk Pilkada Sidrap, Dominasi Syaharuddin Alrif hingga 89 Persen

FAJAR, SIDRAP-Jelang Pemilihan Bupati Sidrap 2024, monitoring intensif terhadap postingan sosial media dan berita online telah dilakukan dari tanggal 1 hingga 20 Mei 2024. Monitoring ini menggunakan teknik crawling dan scraping dengan kata kunci yang setara untuk tiga kandidat yang bersaing.

Dari hasil monitoring maegadata.id, diperoleh 2.341 data yang mencakup sumber awal informasi sebelum sampai ke masyarakat, yang dikenal sebagai sumber pembentuk opini publik. Metode ini berbeda dengan lembaga survei yang mengambil data secara sampling dengan turun langsung ke lapangan untuk memperoleh data akhir. Namun, dengan berbagai pendekatan ilmiah, temuan monitoring ini diperkirakan akan sejalan dengan temuan lembaga survei.

Hasil monitoring menunjukkan dominasi Syaharuddin Alrif (SAR) di antara dua kandidat lainnya, dengan share of voice mencapai 89,49%, dibandingkan dengan 9,06% (Yusuf DM) dan 1,45% (Mahmud Yusuf) untuk masing-masing kandidat lain.

Share of voice ini mencerminkan jumlah informasi pembentuk opini yang beredar di publik yang memuat perbandingan kandidat. Indeks sentimen positif juga menunjukkan dominasi SAR. Namun, perlu diperhatikan bahwa sentimen negatif bisa meningkat seiring perjalanan waktu menuju pilkada.

Selain itu, data monitoring dibandingkan dengan data dasar menunjukkan bahwa jumlah informasi yang beredar di masyarakat Sidrap masih sangat kurang. Padahal, potensi penggunaan media sosial untuk menjangkau pemilih masih sangat besar. SAR pun mengapresiasi adanya monitoring itu. (*/)

News Feed