English English Indonesian Indonesian
oleh

Berduka atas Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi, Jutaan Orang Berkumpul di Taheran

FAJAR, TAHERAN—Jutaan orang memadati jalan-jalan di ibu kota Iran, Teheran, pada hari Rabu untuk menghadiri prosesi pemakaman Presiden Ebrahim Raisi dan pejabat Iran lainnya yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada hari Minggu.

Para pelayat memegang foto Presiden Raisi dan pejabat lainnya termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian di dekat Universitas Teheran di pusat kota Teheran pada hari ketiga dari lima hari berkabung nasional yang diumumkan oleh Pemimpin Revolusi Islam Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

Ayatollah Khamenei memimpin salat jenazah Presiden Raisi dan para sahabatnya.

Pejabat asing dijadwalkan tiba di Teheran pada sore hari untuk mengambil bagian dalam upacara pemakaman.

Pemimpin gerakan perlawanan Palestina Hamas, Ismail Haniyeh, yang menghadiri iring-iringan pemakaman, memuji Presiden Raisi karena menempatkan masalah Palestina di atas prioritas Iran.

“Kami yakin Republik Islam akan melanjutkan kebijakan dukungannya terhadap Palestina. Palestina sampai pembebasan Al-Quds,” katanya dikutip dari Iran Front Page.

Presiden Raisi dan pejabat lainnya berada di dalam helikopter yang jatuh di barat laut Iran di lereng gunung yang diselimuti kabut dalam perjalanan ke kota Tabriz setelah peresmian proyek bendungan di perbatasan dengan Republik Azerbaijan.

Presiden Iran akan dimakamkan di kampung halamannya Masyhad pada hari Kamis sementara Amirabdollahian akan dimakamkan di Shahr-e Rey, selatan Teheran. (amr)

News Feed