English English Indonesian Indonesian
oleh

CJH Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji, Kemenag Sulsel Pastikan Kesiapan Pelayanan

FAJAR, MAKASSAR-Calon Jemaah Haji (CJH) Embarkasi Makassar untuk kloter I sudah masuk Asrama Haji Sudiang. Besok, diterbangkan ke Madinah.

CJH Kota Makassar menjadi kloter I yang diberangkatkan dengan jumlah 442 jemaah. Berdasarkan jadwal, CJH bersama 8 petugas haji ini akan diterbangkan pukul 16.30 Wita menggunakan maskapai GIA1101 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Minggu, 12 Mei.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulsel, Muh Tonang menyampaikan hal tersebut. Kemarin, Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar telah mengadakan Apel Siaga Kesiapan Haji 2024, di Asrama Haji Sudiang.

Muh Tonang menyampaikan, persiapan haji sudah 99 persen. “Satu persennya doa kepada Tuhan untuk kesuksesan,” kata Muh Tonang, Jumat, 10 Mei.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail menambahkan bahwa jumlah jemaah haji Sulsel untuk tahun ini sebanyak 7.894. Sementara untuk seluruh embarkasi Makassar yang melayani 8 provinsi sebanyak 16.660.

Seluruhnya akan diberangkatkan dengan jumlah 37 kloter dan terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama terdiri dari kloter I-14. Kemudian gelombang kedua 15-37 kloter.

“Ada cadangan nanti kloter 38, tetapi sampai sekarang belum ada isinya. Nanti bila ada jemaah yang tertunda misalnya pada hasil pemeriksaan kesehatan harus ditunda maka nanti diberangkatkan di kloter 38,” bebernya.

Dia juga menyampaikan bahwa untuk gelombang pertama itu ke Madinah dahulu, kemudian ke Makkah. Sementara gelombang kedua langsung ke Makkah. (mum/*)

News Feed