English English Indonesian Indonesian
oleh

Karaeng Kio Siap Maju di Pilkada Gowa Jalur Partai, Mulai Daftar di Demokrat

FAJAR, GOWA-Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio semakin memantapkan langkahnya maju berkompetisi di Pilkada Gowa 2024.

Dirinya kini akan maju membawa bendera partai. Karaeng Kio menyatakan memilih jalur partai politik.

Hal tersebut terlihat ketika Karaeng Kio resmi mendaftarkan dirinya pada tim Desk Pilkada Partai Demokrat.

Berkas formulir partai Demokrat tersebut, dibawakan langsung di rumah jabatannya di Jl Beringin, Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Rabu,08 Mei.

Kepada Ketua Tim Desk Pilkada Partai Demokrat Andi Lukman Naba, Karaeng Kio pun resmi mengambil berkas formulir pendaftaran bakal calon usungan partai Demokrat.

Karaeng Kio menegaskan dirinya resmi mendaftar di partai dan Partai Demokrat. Ini adalah partai pertama yang didaftarinya.

“Kalau kita mau maju harus optimis. Kalau petarung itu selalu optimis. Bismillah, saya maju lanjutkan pembangunan, ” ucapnya.

Dihadapan para tim Desk Pilkada Partai Demokrat, ayah tiga putri ini mengaku mengapresiasi dan menyambut baik upaya Partai Demokrat yang rendah hati mau menyambangi dirinya di kediaman rumah jabatannya tersebut

“Saya memohon maaf, karena kesibukan sehingga pihak Demokrat yang malah datang ke saya,” ucapnya.

Menurut Rauf Karaeng Kio, Partai Demokrat bukan lah partai baru dikenalnya. Selain karena dulu istrinya pernah menjadi kader Partai Demokrat sebelum pindah ke PDIP juga karena beberapa kerabatnya merupakan kader partai besutan SBY ini.

“Insya Allah saya akan maju, sebab punya tekad untuk membangun Gowa, bukan untuk kepentingan pribadi maupun keluarga,” tegasnya.

Karaeng Kio juga menjelaskan bahwa tim Desk Pilkada Partai Demokrat ini datang membawakan formulir pendaftaran, itu karena mereka memahami bahwa dirinya sangat sibuk.

“Saya juga memohon maaf sekali lagi. Dan Insya Allah, formulir ini akan saya kembalikan pada 17 atau 18 Mei nanti, ” papar Karaeng Kio.

Ketua Desk Pilkada Partai Demokrat Kabupaten Gowa, Andi Lukman Naba mengatakan untuk saat ini sudah ada empat nama bakal calon mendaftar di Partai Demokrat.

Empat nama tersebut yakni Darmawangsa Muin (DM), Husniah Talenrang, Amir Uskara (AURA) dan keempat adalah Abdul Rauf Malaganni (ARM).

Andi Lukman Naba yang juga adalah legislator Partai Demokrat Gowa mengatakan proses pendaftaran bakal calon usungan partainya ini masih berjalan. Sebab pendaftaran baru ditutup pada 18 Mei 2024.

“Proses pendaftaran akan kami tutup pada 18 Mei dan tugas tim selesai sampai disitu. Sementara pada 22 Mei berkas semua pendaftar diserahkan ke DPD dan sepenuhnya adalah kewenangan DPD khususnya pelaksanaan fit and profert test, ” kata Andi Lukman Naba.

Ditanya terkait figur dan sosok Wakil Bupati Gowa tersebut, Andi Lukman Naba mengatakan, Abdul Rauf Malaganni adalah salah satu putra terbaik Gowa.

Bahkan secara personal, Andi Lukman Naba juga menyebutkan Karaeng Kio banyak membantu Partai Demokrat selama ini.

Juru bicaranya yakni Ari Bakri Pato. Mantan legislator Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) ini menyebutkan, setelah daftar di Partai Demokrat, Karaeng Kio akan mendaftar juga di PKB dan PKS dan dijadwalkan Kamis,09 Mei.

Pendaftaran selanjutnya adalah ke Partai Golkar dan juga Partai Nasdem dan partai lainnya. Menurut Ari Bakri Pato, Karaeng Kio dalam kontestasi Pilkada 2024 ini, akan membangun koalisi

“Untuk rencana ini kami sudah berkomunikasi dengan para pimpinan partai dan mengatur jadwal pendaftaran nanti,” ucapnya.

Ia menjelaskan jika Partai Golkar, mereka mungkin akan langsung mendaftar ke DPP sebab di kabupaten DPD tidak membuka pendaftaran tersebut.

Sementara Partai Nasdem juga masih komunikasikan sebab ketua dan sekretarisnya sementara berada di luar Sulawesi.

“Secepat mungkin kita akan lakukan pendaftaran di partai-partai tersebut termasuk juga ke PDIP, ” jelas Ari Bakri Pato.

Ari Bakri Pato juga mengakui jika akan pinang semua parpol yang mau menerima mereka karena Kareng Kio atau Abdul Rauf Malaganni sudah tetapkan akan maju dengan koalisi besar. (wis)

News Feed