English English Indonesian Indonesian
oleh

Satgas PPKS Unibos Libatkan Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR— Beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Sulsel memberi perhatian serius terkait pencegahan kasus kekerasan seksual di kampus.Terbaru, Universitas Bosowa melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual (PPKS).

Dalam Satgas tersebut tak hanya melibatkan dosen tetapi juga mahasiswa. Uji Publik pun dilakukan sekaligus menjadi pengenalan awal bagi peserta yang turut hadir tentang Satgas PPKS serta aspek-aspek mencakup kekerasan seksual di kampus. Kegiatan dilakukan di ruang rapat senat Unibos, Jumat 3 Mei 2024.

Narasumber, Sitti Utami Endang mengatakan peran dan fungsi Satgas PPKS di perguruan tinggi yakni melakukan pencegahan, memberikan dukungan, melakukan pelaporan dan pemantauan. Juga melakukan advokasi dan pendidikan terkait kekerasan seksual, serta membangun budaya kampus yang aman dan inklusif.

“Tanggung jawab lainnya dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual yakni meminta warga kampus bisa ikut andil melaporkan kalau ada yang mereka lihat atau alami,” ujarnya.

Mahasiswa dari Fakultas Hukum Unibos yang ikut bergabung sebagai calon Pansel Satgas PPKS, Ulfina Yusmar menuturkan upaya pencegahan kekerasan seksual dan alur pelaporan kekerasan seksual bagi penyintas. Dalam mencegah kasus kekerasan seksual di kampus, terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti meningkatkan keamanan kampus.

“Kita juga membatasi pertemuan antarmahasiswa, tenaga kependidikan, dan dosen secara individu, memberikan sanksi yang berat pada pelaku, dan menciptakan lingkungan yang aman,” jelasnya.

News Feed