English English Indonesian Indonesian
oleh

Peran Penting BPKP Dalam Pembangunan dan Pengelolaan Keuangan Kota Makassar

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Zulkifli Nanda mengakui langsung hal itu. Kata dia, BPKP perwakilan Sulsel tidak hanya berfungsi pada peran pengawasan saja, tetapi secara menyeluruh, seperti.13 poin yang ada di atas.

”BPKP jelas punya peran penting. Karena mereka yang melakukan penilaian terhadap program kegiatan di setiap Organisasi Perangkay Daerah (OPD). BPKP itu menjadi acuan kami dalam membuat program, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasinya, supaya kami tidak keluar dari ketentuan yang ada,” ujarnya kepada FAJAR, Minggu, 28 April.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Zul itu menegaskan, BPKP merupakan lembaga yang mampu menyempurnakan arah pembangunan dengan jelas. Sehingga, Pemkot Makassar tidak salah jalan atau menyimpang dari jalur yang sudah ada.

”Peran mereka (BPKP) kan jelas, menjadi tempat kami berkonsultasi. Mereka juga yang melakukan pengawasan dalam pelaksanaan setiap program kami. Jadi peran mereka itu penting, besar, dan menyeluruh,” lanjutnya.

Zul merinci, khusus di Kota Makassar untuk tahun 2024, ada sejumlah program strategis yang telah dikonsultasikan kepada BPKP Perwakilan Sulsel. Khususnya program yang masuk dalam skala prioritas.

”Setiap tahun Pemkot Makassar punya program prioritas dan strategis. Tahun 2024 ini ada penanganan stunting, penanganan kemiskinan, Rehabilitasi Lapangan Karebosi, juga pembangunan Gedung Makassar Government Center (MGC). Itu yang menjadi menu utama kami untuk melakukan konsultasi dengan BPKP sebelum dieksekusi,” tuturnya.

News Feed