English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengaruh AI Terhadap Generasi Muda

Oleh:
I’zaz Dhiyaul Auliyah
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
Saat ini sedang dalam program Magang Mandiri di Harian Fajar

AI atau Artificial Intelligence sebuah sistem yang memungkinkan komputer atau mesin dapat berpikir dan bekerja layaknya manusia. Apakah penggunaan AI ini berpengaruh terhadap generasi muda? Lantas apa saja pengaruh yang dapat dihasilkan dari penggunaan AI ini?

Saat ini, AI sedang merajalela dan telah banyak digunakan oleh generasi muda. Ponsel cerdas kita pun saat ini telah dilengkapi dengan asisten virtual yang menggunakan teknologi AI untuk membantu kita. Saat ini generasi muda banyak menggunakan AI untuk membantu mereka ketika mereka kesulitan dalam mengerjakan sesuatu.

Seperti yang kita tahu bahwa AI ini adalah kecerdasan buatan yang memang digunakan untuk memudahkan kita dalam menggunakan teknologi yang ada.

Namun, tentu saja ada dampak yang dihasilkan dari penggunaan AI yang berlebihan atau terlalu mengandalkan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Jika terus menggunakan AI secara berlebihan maka kemampuan alami yang dimiliki seseorang akan tumpul. Apalagi jika terlalu banyak digunakan oleh siswa, hal ini dapat mengurangi kemampuan mereka dalam belajar.

Dampak lainnya yakni akan meningkatnya angka pengangguran, karena banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia perlahan digantikan menggunakan mesin dan algoritma AI, yang dianggap lebih efisien dan akurat dibandingkan menggunakan manusia sebagai pekerjanya.

News Feed