English English Indonesian Indonesian
oleh

Olahraga Ringan Membakar Kalori

Oleh:
Den Santi
Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Sastra Indonesia UNM
Saat ini sedang menjalani Program Magang di Harian FAJAR

OLAHRAGA merupakan aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah untuk diserang penyakit ketika kita rajin berolahraga.

Banyak melakukan aktivitas di rumah seperti menyapu, mencuci pakaian secara manual, dan sebagainya, merupakan bagian dari olahraga yang terbilang ringan.

Namun, banyak anak muda atau remaja hingga dewasa jarang melakukan olahraga sebab malas bergerak atau disebut mager seperti istilah yang sering digunakan anak zaman sekarang.

Padahal, berolahraga tidak harus di lapangan dan tempat gugus penjamin mutu (GJM). Berolahraga ringan di rumah dapat membakar kalori.

Sekarang banyak yang sedang melakukan diet disebabkan memiliki berat badan yang berlebihan hingga tidak percaya diri untuk tampil di depan umum.

Terkadang, berat badan menjadi bahan hinaan di lingkungan. Perkataan itulah menjadi motivasi untuk melakukan perubahan, yaitu diet dengan mengatur pola makan yang sehat, menghindari makanan yang mengandung minyak berlebihan, dan menjauhi minuman manis.

Selain memperhatikan pola makan yang sehat, melakukan olahraga dapat membakar kalori. Berolahraga setiap hari dengan durasi waktu 15 menit mampu memberi dampak yang sehat.

Meski pun berolahraga bukan di lapangan, tetapi bisa saja dilakukan di rumah dengan berbagai aktivitas. Seperti membersihkan rumah dan jalan kaki ke warung dekat rumah juga dapat membantu membakar kalori.

Ada juga makanan dan minuman yang dapat membakar lemak di tubuh yaitu telur rebus, buah pir atau apel, yogurt, teh hijau, dan sebagainya. Mengkomsumsi telur rebus cocok dijadikan menu sarapan bagi orang diet. Sebab dapat meningkatkan pembakaran kalori serta lemak pada tubuh.

News Feed