English English Indonesian Indonesian
oleh

Biadabnya Israel, 500 Lebih Jenazah Ditemukan di Rumah Sakit di Gaza, Ditelanjangi dan Kuku Dicabut

Mengutip otoritas kesehatan setempat di Gaza, Shamdasani menambahkan bahwa kuburan massal juga ditemukan di Rumah Sakit Al-Shifa.

Kompleks kesehatan yang besar ini merupakan fasilitas medis canggih utama di wilayah tersebut sebelum invasi Israel ke Gaza dimulai pada tanggal 7 Oktober.

Rumah sakit tersebut menjadi fokus serangan militer Israel yang mengklaim mengusir militan Hamas yang beroperasi di dalam rumah sakit – meskipun tidak ada bukti nyata adanya pejuang Hamas di rumah sakit tersebut.

Pihak berwenang Israel menampilkan video animasi digital dari ‘markas Hamas’ yang mereka klaim berada di bawah rumah sakit, namun video tersebut adalah rekayasa tanpa bukti nyata adanya pejuang yang beroperasi di atau di dekat rumah sakit tersebut.

Pada awal bulan April, setelah lebih dari dua minggu pendudukan militer di rumah sakit tersebut, pasukan Israel mundur, meninggalkan “cangkang kosong” dari fasilitas rumah sakit yang dulunya berteknologi maju, dengan hampir semua peralatan medis menjadi abu.

“Laporan menunjukkan bahwa ada 30 jenazah warga Palestina yang dikuburkan di dua kuburan di halaman Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza; satu di depan gedung gawat darurat dan yang lainnya di depan gedung dialisis,” kata Shamdasani kepada wartawan di Jenewa.

Jenazah 12 warga Palestina kini telah diidentifikasi dari lokasi-lokasi di Al-Shifa, lanjut juru bicara OHCHR, namun identifikasi terhadap jenazah yang tersisa belum dapat dilakukan.

“Ada laporan bahwa tangan beberapa mayat ini juga diikat,” kata Shamdasani, seraya menambahkan bahwa mungkin ada “lebih banyak lagi” korban.

News Feed