English English Indonesian Indonesian
oleh

Salat Idulfitri di Lapangan Karebosi, Momentum Saling Maafkan dan Pererat Persaudaraan

FAJAR, MAKASSAR-Ribuan umat Muslim berkumpul di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Rabu, 10 April. Mereka melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah, menandai berakhirnya bulan suci Ramadan.

Suasana kebersamaan dan kegembiraan terpancar di wajah jemaah yang memadati lapangan yang luas tersebut. Lapangan Karebosi, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, Makassar, pada Rabu (10/4/2024) sekitar pukul 06.00 Wita, mulai dipadati oleh sejumlah warga yang datang dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Mereka datang dengan membawa mukena dan sajadah untuk melaksanakan salat Idulfitri bersama.

Terlihat aparat kepolisian sedang menjaga di setiap sudut lokasi tersebut dan menertibkan kendaraan yang lewat. Warga juga mulai memenuhi sisi jalan di sekitar lapangan Karebosi.

Salat Idulfitri di Lapangan Karebosi dimulai pukul 07.00 Wita. Ustaz Arafah Mansur bertindak sebagai imam atau yang memimpin salat Idulfitri, sementara Ketua PCNU Makassar, Dr KH Kaswad Sartono, bertindak sebagai Khatib salat Idulfitri.

Salah seorang jemaah pun membagikan bagaimana perasaannya setelah melaksanakan shalat Idulfitri di Lapangan Karebosi. Yusuf mengatakan, hari ini sangat berarti baginya karena eksistensi Idulfitri tersebut.

“Ini adalah momen yang sangat berharga bagi umat Muslim. Salat Idulfitri tidak hanya sebagai bentuk syukur atas kesempatan beribadah selama Ramadan, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan di antara kita semua,” ujar salah seorang jemaah ini.

Salat Idulfitri di Lapangan Karebosi berlangsung dengan lancar dan damai. Setelah pelaksanaan ibadah, suasana kebersamaan terus terasa ketika jamaah saling bermaafan dan bertukar ucapan selamat Idulfitri. (*)

News Feed