English English Indonesian Indonesian
oleh

Salat Malam Ke-27 Ramadan

Beranda: Aidir Amin Daud

Mungkin ini kegiatan ibadah tarawih dengan jumlah jemaah terbesar yang pernah ada. Sebagaimana dilaporkan Khaleej Times: Nearly 2.5 million worshippers pray at Makkah’s Grand Mosque on 27 th Ramadan. Sejak sore hari setelah salat Jumat pekan lalu — sekitar 160 pintu mulai ditutup untuk memasuki Masjidil Haram Makkah. Pelataran Ka’bah yang bisa sekitar 80 ribu jemaah — sebagaimana yang terlihat di saluran khusus TV Saudi — sejak sore itu sudah kelihatan padat dan mereka yang bertawaf bergerak dengan sangat lambat. Pelataran di kawasan masjid juga sudah dipadati pengunjung. Semua jalanan di kawasan
Salat tarawih di Masjidil Haram — terdiri dari 10 rakaat setelah salat Isya. Biasanya selesai pukul 10 malam. Setelah pukul 12 malam — salat tarawih dilanjutkan dengan 8 rakaat dan ditambahkan 3 rakaat salat witir. Rakaat terakhir witir biasanya diisi dengan membacakan doa/qunut yang memakan waktu 20-30 menit.

Terutama di malam ke-27 yang dibacakan oleh Imam Masjidil Haram yang paling legendaris Abdul Rahman Al-Sudais. Ia membacakan doa dengan berbagai macam topik. Di antaranya memohon perlindungan bagi bangsa Palestina. Dilaporkan oleh Khaleej Times Sudais di Sabtu dini hari itu antara lain membacakan doa, “Oh Allah, Grant victory to our brothers in Palestine and free them from the occupation of the Jewish Oppressors. Oh Allah, protect Al-Aqsa Mosque from the aggression of the aggressors, and grant us a prayer in it before death.”

Saking banyaknya jemaah yang diprediksi — jumlah tahunan yang selalu berulang — sekitar 17.000 karpet besar dipasang di seluruh kawasan masjid. Untuk menjaga kebersihan kawasan masjid, tempat pengambilan air wudhu dan toilet — sekitar 12.000 staf disiapkan dengan ratusan peralatan pembersih termasuk berbagai kendaraan pembersih. Selain mobil mini untuk mengepel dan menyapu semua kawasan, ratusan ‘golf car’ disiapkan untuk membantu pergerakan orang yang berusia lanjut dari titik satu ke titik lainnya.

News Feed