English English Indonesian Indonesian
oleh

Masuk Kedokteran Unhas Bisa Jalur Hafiz

Siapa pun yang melakukan praktik mengatasnamakan Unhas untuk memuluskan masuk Universitas dengan imbalan kata dia, akan ditindak tegas, termasuk pemecatan jika ada bukti-bukti yang jelas. Masyarakat diharapkan untuk tidak ragu melaporkan hal-hal semacam ini dan percaya pada pengumuman resmi dari Unhas. “Pastikan kita tangkap, apakah dia dosen atau pegawai, kita akan memecatkannya,” tegasnya.

Unhas memiliki tiga jalur masuk. Pertama adalah Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). SNBP mengacu pada nilai akademik atau kombinasi nilai akademik dengan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah, dengan kuota minimum 20 persen.

Jalur SNBP saat ini sedang dalam periode pendaftaran ulang. Unhas menduduki peringkat ke-8 sebagai PTN penerima KIP Kuliah terbanyak pada jalur SNBP. Ada 827 mahasiswa yang diterima berdasarkan prestasi, menempatkan Unhas di peringkat ke-8 nasional.

Jalur kedua adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), yang menggunakan hasil UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Tes dilakukan secara daring dengan biaya ditanggung oleh peserta, dan subsidi pemerintah, dengan kuota minimum 40 persen.

Pendaftaran UTBK-SNBT berlangsung dari 21 Maret hingga 5 April 2024. Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 pada 30 April dan 02-07 Mei 2024, dan Gelombang 2 pada 14 hingga 20 Mei 2024. Pengumuman Hasil SNBT dijadwalkan pada 13 Juni 2024, sedangkan unduhan sertifikat UTBK dapat dilakukan mulai 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

News Feed