English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Umum Fakultas Hukum Unhas, Bahas Tantangan Hukum Maritim di Indonesia

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan Kuliah Umum dengan tema “General Overview Shipping Law: Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom dan dihadiri secara langsung di Ruang Video Conference Mahkamah Konstitusi Lt. 2 Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Kuliah Umum ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis ke-72 Fakultas Hukum Unhas. Acara ini menghadirkan Direktur Utama PT Prima Pengembangan Kawasan (Perindo Grup) Akhirman, yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum Unhas. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Hamzah Halim.

Prof Hamzah menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kuliah umum ini, khususnya di tengah dorongan dari pemerintah pusat terkait poros maritim dunia. Sebagai negara yang memiliki wilayah laut yang lebih luas daripada daratan, sudah sewajarnya kita melihat laut sebagai pemersatu di antara banyak pulau.

Hal ini sangat terkait dengan tema kuliah umum hari ini yaitu “General Overview Shipping Law: Indonesia,” yang akan memberikan gambaran tentang hukum pelayaran di Indonesia. Dengan laut yang sangat luas, penting untuk memahami hukum kemaritiman, khususnya hukum pelayaran. Oleh karena itu, kapasitas narasumber sebagai salah satu pimpinan di PT Prima Pengembangan Kawasan (Perindo Group) sangat penting untuk menambah pengetahuan bagi para mahasiswa pada kuliah umum ini.

Dia juga mengimbau agar para mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, karena melalui kuliah umum ini, dapat muncul inspirasi atau ide yang dapat menjadi judul tugas akhir. Jika dikaitkan dengan visi dan misi Unhas yang salah satunya adalah fokus pada pengembangan ilmu kemaritiman, maka kuliah umum ini menjadi penting.

News Feed