English English Indonesian Indonesian
oleh

PELNI Berbenah, Komisi V DPR RI Pastikan Pelayanan Arus Mudik Lebaran Makin Nyaman

Langkah Strategis PELNI. 

Menghadapi arus mudik Lebaran Idulfitri tahun ini, yakni kurun 26 Maret hingga 26 April 2024, PT PELNI memastikan seluruh kapal penumpang bakal beroperasi untuk melayani pemudik. 

Manager Komunikasi PT Pelni, Ditto Pappilanda menyampaikan tidak ada satupun kapal yang masuk perawatan atau dok. Termasuk pada rute yang melayani dari dan menuju Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

Ditto Pappilanda menyampaikan pihaknya sudah mempersiapkan kapal menghadapi angkutan lebaran jauh hari sebelumnya. Di antara yang dilakukan PT PELNI adalah ramp Check in dua kali setahun.

Juga menghitung kebutuhan dan memastikan ketersediaan BBM, menjadwalkan dengan cermat waktu dock tahunan kapal sehingga seluruh kapal dapat beroperasi selama periode angkutan lebaran ke seluruh rute yang dilayani di tanah air.

“Prinsipnya, kita memastikan seluruh kapal laik laut dan laik operasi dari sisi sparepart mesin, fasilitas, maupun ABK,” kata Ditto, Senin, 1 April. Dari sisi keselamatan seperti yang diingatkan Komis V DPR RI, juga menjadi perhatian pihaknya.

Yang mana sejak akhir tahun 2023 lalu hingga awal tahun 2024 ini, sebagian dari total 26 unit kapal penumpang telah mendapatkan alat keselamatan tambahan berupa marine evacuation system (MES) dan voyage data recorder. 

“Dan itu akan terus dilengkapi ke seluruh kapal di tahun 2024,” bebernya. Ditto menyampaikan di momen mudik lebaran tahun ini, penumpang bakal merasa lebih nyaman berlayar dengan kapal PELNI karena sudah tersedia wifi di lima kapal, dan jaringan 4G yang didukung oleh Telkomsel di 14 kapal Pelni yang dimiliki. (nasrun nur)

News Feed