English English Indonesian Indonesian
oleh

31 Rumah Rusak RinganTerdampak Ledakan Gudang Amunisi, TNI Siapkan Relokasi

LEDAKAN gudang amunisi mengakibatkan puluhan rumah warga yang berada di wilayah Gunung Putri mengalami kerusakan. Berdasar hasil pendataan sementara, terdapat 31 rumah rusak di Desa Ciangsana.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra, dilansir dari Radar Bogor. Menurut dia, kerusakan rata-rata cukup ringan.

’’Ada yang atapnya jebol, bolong, atau retak. Lalu, ada jendela atau pintu yang bergeser dan agak pecah,’’ sebutnya.

Dia mengatakan telah mendapat kepastian bahwa pemerintah akan mengganti semua kerusakan itu. ’’Pj gubernur, Pj bupati, hingga Pangdam Jaya memastikan akan memperbaiki rumah warga yang rusak,’’ ungkapnya.

Sementara itu, kemarin Pemkab Bogor masih mendata rumah warga yang rusak. ’’Hari ini (kemarin, Red) langsung kami lakukan asesmen,’’ kata Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu saat mengunjungi tempat pengungsian warga Minggu (31/3/2024).

Dia mengatakan, asesmen akan dilaksanakan selama 14 hari. Setelah itu, dilakukan rekonstruksi pemulihan rumah warga yang mengalami kerusakan.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak kemarin juga meninjau gudang amunisi yang terbakar itu. Dia mengatakan, lokasi gudang amunisi tersebut sebenarnya jauh dari permukiman warga.

’’Sebetulnya yang merapat itu perumahan, karena kalau gudang ini sudah ada sejak dulu,’’ ungkap KSAD.

Setelah insiden tersebut, dia berjanji melakukan evakuasi secara menyeluruh. ’’Akan ada rencana relokasi rumah terdampak, tapi kami bakal adakan rapat dan diskusikan lagi,’’ katanya. (abi/c7/oni/jpg/zuk)

News Feed