English English Indonesian Indonesian
oleh

HKTI Dorong Optimalisasi Usaha Sektor Pertanian, AIA: Gerakkan Perekonomian Rakyat

FAJAR, MAKASSAR — Pengembangan Usaha Pertanian Perorangan (UTP terus diatensi, banyak komoditas bisa menjadi andalan untuk dijadikan usah pertanian.

Bendahara Umum DPN Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Andi Iwan Darmawan Aras menuturkan, bahwa sektor pertanian Sulsel memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan pengembangan usaha sebab sekor inilah yang menjadi penopang perekonomian saat ini.

“Jadi ini mesti dimanfaatkan dan ditangkap peluangnya untuk bisa memperbanyak membuka usaha di sektor tersebut,” ujarnya, Sabtu, 23 Maret 2024.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengatakan, bahwa dengan banyaknya usaha di sektor ini tentu akan turut menggerakkan perekonomian masyarakat khususnya petani yang ada di Sulsel.

“Jadi dengan menggeliatkan usaha sektor pertanian ini akan menggerakkan perekonomian masyarakat dan akan memeberikan nilai tambah kepada mereka,” katanya.

Ketua Umum Kadin Sulsel itu juga menuturkan, bahwa maka dari itu masyarakat harus mampu mengoptimalkan peluang tersebut agar bisa mendapatkan dampak positif untuk perekonomiannya.

“Jadi peluang ini harus dimanfaatkan dan pembukaan usaha sektor pertanian itu harus dilakukan segera agar seluruh sumber daya kita itu bisa segera dimanfaatkan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, Aryanto menuturkan, pihaknya mencatat UTP di Sulsel tahun ini sebanyak 1.121.665 unit. Hal tersebut berkurang 4,45 persen dari 2013 yang sebanyak 1.173.954 unit.

“UTP paling banyak terdapat di Kabupaten
Bone dengan jumlah 130.600 unit atau 11,64 persen dari UTP Sulsel,” ucapnya.

News Feed