English English Indonesian Indonesian
oleh

AS Bujuk Israel Tak Bombardir Rafah, Antony Blinken Segera Temui Mesir-Arab Saudi

Hal itu merujuk pada tewasnya Kepala operasi kepolisian di Gaza Brigadir Jenderal Fayeq al-Mabhouh pada Senin (18/3/2024), dalam serangan Israel di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

’’Penyerangan yang disengaja terhadap petugas polisi dan pejabat pemerintah di Gaza menggambarkan upaya mereka untuk menabur kekacauan dan melanggengkan kekerasan di antara masyarakat kita yang tangguh,’’ ujarnya dilansir dari Al Arabiya.

Proses negosiasi untuk gencatan senjata di Gaza dan pembebasan sandera sedang berlangsung di Doha, Qatar. Sejalan dengan itu, proposal balasan akan segera diajukan ke Hamas.

Kepala Mossad, badan intelijen Israel, David Barnea telah terbang ke Doha untuk melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Qatar dan pejabat Mesir. Ini merupakan perundingan yang pertama sejak para mediator gagal mencapai gencatan senjata sebelum bulan suci Ramadan, yang dimulai minggu lalu.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga mengakui pada adanya pertemuan antara diplomatnya Wang Kejian dan Ismail Haniyeh di Doha. Dalam pernyataan singkatnya, pihak kementerian mengatakan Wang dan Haniyeh membahas konflik tersebut, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Pertemuan itu adalah pertemuan pertama yang diumumkan antara utusan Tiongkok dan Hamas sejak konflik 7 Oktober. Pertemuan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Wang bertemu secara terpisah dengan para pejabat dari Israel dan Otoritas Palestina, sebagai bagian dari upaya diplomasi Tiongkok.

The Jerusalem Post melaporkan bahwa Haniyeh telah memberitahu Wang bahwa perang harus segera berakhir. Haniyeh menekankan agar Pasukan Pertahanan Israel (IDF) harus mundur dari Gaza dan negara Palestina yang merdeka perlu dibentuk.

News Feed