English English Indonesian Indonesian
oleh

Biden-Trump Kembali Bersaing, Ada Peluang Begini…

Sebelumnya, dalam pidato State of the Union yang berlangsung sekitar satu jam, Biden mengecam dan mengkritik Trump atas posisi kebijakan luar negeri di pemerintahan terdahulu.

Biden juga mengecam peran Trump dalam penyerbuan massa ke Gedung Capitol pada 6 Januari 2021 dan kondisi Negeri Paman Sam pascapandemi Covid-19.

’’Apakah kita akan berdiri dan membela demokrasi atau membiarkan orang lain meruntuhkannya? Akankah kita mengembalikan hak untuk memilih dan melindungi kebebasan kita atau membiarkan ekstremis merampasnya pergi?’’ kata Biden.

State of the Union adalah pidato tahunan yang disampaikan seorang presiden AS kepada Kongres, di mana kepala negara menetapkan agenda-agenda pemerintah untuk tahun tersebut.

Di sisi lain, sebagian besar hasil jajak pendapat awal menunjukkan keunggulan tipis Trump atas Biden. Angka itu termasuk di beberapa negara bagian kunci pada pilpres 5 November nanti. Namun, Trump tengah dihadapkan pada empat kasus pidana yang mencakup 91 dakwaan.

Situasi itu belum pernah dihadapi capres lain sebelumnya. Sidang terdekat akan dilangsungkan pada 25 Maret.
Sementara Biden juga mulai diragukan kapasitasnya. Sebagian pemilih merasa dia terlalu tua untuk memimpin. Pria 81 tahun itu juga dianggap gagal mengatasi krisis di perbatasan AS-Meksiko. (dee/c17/bay/jpg/zuk)

News Feed