English English Indonesian Indonesian
oleh

Israel Bunuh 67 Warga Palestina di Hari Pertama Ramadan

FAJAR, GAZA—Sebanyak 67 orang dilaporkan Kementerian Kesehatan Gaza tewas akibat serangan Israel selama 24 jam terakhir, saat warga Palestina mulai menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 67 jenazah yang tewas akibat serangan Israel dibawa ke rumah sakit.

Dengan kematian 67 warga itu, kini  jumlah korban tewas warga Palestina menjadi lebih dari 31.112 sejak perang dimulai.

Kementerian tidak membedakan antara warga sipil dan pasukan Hamas dalam perhitungannya, namun mengatakan bahwa perempuan dan anak-anak merupakan dua pertiga dari korban tewas.

Meski terus digempur dan korban berjatuhan, ratusan warga Palestina tetap menghadiri salat di tempat suci utama Yerusalem pada hari pertama bulan puasa Ramadhan.

Namun, jamaah di kompleks Masjid Al-Aqsa pada Senin tengah hari jauh lebih kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di beberapa pintu masuk, pasukan Israel terlihat mengusir beberapa jamaah, dengan alasan masalah keamanan yang tidak dijelaskan secara spesifik. Tapi di satu pintu masuk, menurut Euro News, jamaah terlihat terus berjalan tanpa dihentikan.

Perang selama lima bulan telah memaksa sekitar 80% dari 2,3 juta penduduk Gaza meninggalkan rumah mereka dan menyebabkan ratusan ribu orang berada di ambang kelaparan.

Mesir telah mengintensifkan pemberian bantuan di Jalur Gaza, menurut Kementerian Pertahanan, yang merilis rekaman bantuan yang dikirimkan.

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina menggambarkan situasi di utara Gaza sebagai “tragis”. Israel sendiri diseret Afrika Selatan ke mahkamah internasional dengan tuduhan genosida. (amr)

News Feed