English English Indonesian Indonesian
oleh

APPK Duga Ada Praktik Mafia dalam Pencopotan Direksi PT Karunia Indojaya

MAKASSAR, FAJAR — Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Penegak Keadilan (APPK), menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bank Sulselbar, Jl Dr Sam Ratulangi, Makassar, Jumat, 1 Maret 2024.

Peserta aksi menuntut Bank Sulselbar untuk mengambil kebijakan terhadap PT Karunia Indojaya, yang dianggap telah merugikan banyak pihak.

Pasalnya, PT Karunia Indojaya telah mengganti jajaran direktur yang seharusnya tidak dilakukan pada saat proses kredit berlangsung.

Jenderal lapangan, Sahar mengatakan, Bank Sulselbar terkesan diam atas apa yang dilakukan oleh PT Karunia Indojaya.

“PT Karunia Indojaya telah mengganti jajaran direkturnya. Padahal sudah diatur kalau hal itu tidak boleh dilakukan berdasarkan SP3. Namun Bank Sulselbar hanya diam melihat itu,” kata Sahar.

Menurut Sahar, dalam perjanjian SP3, perusahaan tidak boleh mengganti direktur atau mengubah struktur selama proses kredit berlangsung. Namun pihak Bank Sulselbar justru membiarkan hal itu terjadi pada PT Karunia Indojaya.

”Yang mengherankan, karena PT Karunia Indojaya sudah mengambil kredit Rp7 miliar. Kemudian komisarisnya justru membantah bahwa hal itu tidak pernah diakukan dan Bank Sulselbar tidak mengambil tindakan. Masa iya dibiarkan begitu? Atau ada mafia yang bermain,” tegasnya.

Bahkan kata Sahar, sudah jelas tidak boleh ada penggantian struktur atau jajaran direktur selama proses kredit berlangsung. Tetapi pihak Bank justru ingin berdamai dengan PT Karunia Indojaya yang dinilai sudah jelas melanggar aturan dan etik.

News Feed