English English Indonesian Indonesian
oleh

Irfan, Mahasiswa Unifa yang Juara 1 di Pemilihan Putera Sulsel

FAJAR, MAKASSAR-Prestasi membanggakan kembali diraih Irfan, mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Fajar. Dia berhasil meraih juara 1 pada kompetisi pemilihan Putera Puteri Sulawesi Selatan tahun 2024 di LAN Baruga Antang (25/2/2024).

Irfan berhasil mengungguli 38 peserta lainnya yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota se-Sulawesi Selatan, mulai dari babak 13 besar, 6 besar hingga grand final 3 besar. Meskipun memiliki pengalaman sebagai juara 1 Putra Putri Kota Makassar, Irfan mengaku tetap mempersiapkan dirinya dengan banyak belajar dan memperkaya wawasan pendidikan, kebudayaan, pariwisata, lingkungan, dan sosial. Pasalnya, kriteria penilaian dalam pemilihan ini mencakup aspek wawasan, kemampuan public speaking, serta pengetahuan tentang lingkungan.

Irfan mengaku, mendapat dukungan penuh dari Universitas Fajar yang memberikan banyak manfaat, antara lain biaya dan kemudahan dalam pengajuan proposal untuk sponsor. Persaingan untuk menjadi yang terbaik dalam pemilihan Putra Putri Sulawesi Selatan bukanlah perkara mudah.

“Persaingan sangat ketat karena rata-rata peserta memiliki wawasan yang luas dan berasal dari kampus-kampus ternama di Makassar dan luar Makassar,” ungkapnya.

Dengan capaian ini, Irfan menargetkan dapat berkompetisi di ajang nasional, yaitu Putra Putri Remaja Nusantara, pada bulan Juli mendatang. Meski sibuk dengan berbagai kegiatan di luar kampus, Irfan mengaku memiliki tips tersendiri agar pendidikannya di kampus tidak terbengkalai.

“Setelah karantina, biasanya saya pulang ke kos dan sebisa mungkin mengerjakan tugas kuliah agar tidak menumpuk. Saya juga berusaha selalu update di grup kelas supaya tidak ketinggalan informasi terkait tugas-tugas,” ungkap mahasiswa semester 4 Hubungan Internasional Unifa ini.

Beberapa prestasi Irfan yang telah diraih antara lain adalah Mister Intelegensi Sulsel 2023 (tingkat provinsi), Juara 1 Pemilihan Putra Putri Kota Makassar 2023 (tingkat kabupaten/kota), dan Juara 1 Duta Sehat Jiwa Indonesia 2024 (tingkat nasional). (wis/)

News Feed