English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI-University Izumo Jepang Kolaborasi Riset dan Pertukaran Dosen

FAJAR, MAKASSAR—Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali memperpanjang kerja sama dengan Medical Faculty Shimane University Izumo Japan.
Kolaborasi meliputi riset dan edukasi dosen untuk tenaga medis serta pengajar.

Kerja sama tersebut digagas sejak 2019. Dekan Medical Faculty Shimane University, Prof Shunji Ishihara, MD, PhD menuturkan program tersebut lebih dikembangkan lagi dari riset dan pertukaran dosen.

Terutama, peningkatan jumlah dosen yang mengikuti studi lanjut program S-3. “Jadi kami minta ini lebih ditambah jumlahnya dan juga student exchange serta visiting lecturer ,” tuturnya.

Menurut Prof Shunji Ishihara, implementasi program kedua lembaga telah berjalan dengan baik, makanya pihaknya berani memperpanjang. Ia juga berharap ke depan, program mahasiswa KKN FK UMI di Shimane dapat dilanjutkan.

“Nah termasuk program vising lecturer dalam tahun ini dapat diagendakan, apalagi sekarang ada Dosen UMI yang mengikuti program S3 (ph.D),” tambahnya.

Ia mengaku jika SDM UMI sangat bagus, komunikatif dengan pimpinan, dosen dan staf, dan banyak membantu dalam aktivitas di Shimane University.

Rektor UMI Makassar, Prof Sufirman Rahman mengatakan mereka sengaja datang ke Jepang untuk menghadiri undangan. Ada beberapa hal yang dibahas mengenai Tridarma perguruan tinggi.

Namun yang menjadi bahasan utama yakni hasil evaluasi lima tahun. Kerjasa ma kedua pihak ini telah memberi manfaat, termasuk diantaranya program student exchange, studi lanjut dosen (S3), visiting lecturer, KKN mahasiswa FK UMI dan sebagainya.

News Feed