English English Indonesian Indonesian
oleh

Rumata’ Artspace Angkat Kekayaan Pangan Melalui Bacarita

FAJAR, MAKASSAR—Program Bacarita Digital yang kembali digagas Rumata’ ArtSpace berkolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kali ini mengangkat mengenai kekayaan budaya lokal di wilayah Indonesia Timur atau berfokus pada “Kekayaan Pangan Nusantara”.

Program Bacarita Digital kali ini, telah memasuki tahap ketiga atau lokakarya konten yang diproduksi komunitas kreator digital yang terpilih.

Dimana pada tahap pertama telah berlangsung pada Juli 2023, dan tahap kedua sepanjang September dan Oktober 2023.

Direktur Rumata’ ArtSpace Riri Riza mengatakan ini adalah topik yang sangat penting karena setiap wilayah di Indonesia itu sebenarnya punya potensi untuk lebih berdikari.

Sehingga hal ini dinilai dapat menjadi fondasi kedaulatan dan memberikan kontribusi terhadap penyediaan kebutuhan pangan di era perubahan iklim.

“Apalagi di dalam mengelola apa yang dikonsumsi di wilayah masing-masing, Dimana para kreator digital yang terpilih sebelumnya melalui pemilihan yang ketat kemudian memproduksi sebuah narasi-narasi alternatif melalui audio visual,”ucapnya.

Kata dia, Tema pangan nusantara penting untuk diangkat sebab diketahui bahwa pangan lokal yang dimiliki daerah-daerah kita sangat beragam variannya.

Dalam konten-konten yang dihasilkan pun sangat menarik, dimana para kreator digital ini mengangkat isu pangan yang ada di wilayahnya masing-masing.

Mulai dari peninggalan makanan pokok terdahulu yang sudah tergerus zaman, bagaimana makanan menjadi ritual-ritual atau ucapan syukur, dan lainnya.

News Feed