English English Indonesian Indonesian
oleh

Sayur Direbus Tanpa Bahan MSG

*Nasi Tempong Hasanuddin

FAJAR, MAKASSAR— Mencari makanan yang bisa memenuhi sumber gizi namun tetap sehat dikonsumsi segala umur memang jarang dijumpai di restoran maupun sajian hotel.

Sebab, kebanyakan restoran maupun warung  menggunakan micin atau MSG yang melebihi kadarnya. Kondisi tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan terutama usia anak dan lansia.

Namun, di Makassar salah satu pilihan makanan sehat ada di jalan Sultan Hasanuddin Makassar, namanya De’ Tempong Hasanuddin.

Sajian nasi tempong dengan lauk berbagai jenis pilihan lauk seperti ayam dan ikan nila. Bagi pecinta sayuran, akan dimanjakan dengan berbagai jenis sayuran didalamnya. 

Ada lalapan bayam, labu siam, ketimun dan terong yang disajikan dengan cara direbus tanpa menggunakan MSG.

Owner De’ Tempong Hasanuddin, Vivi A.M. Haryono mengatakan Nasi tempong merupakan kuliner khas Jawa Timur, tepatnya di Banyuwangi namun populer di Bali. Tempong sendiri berasal dari kata ‘templak’ atau ‘tempeleng’.

Dinamakan demikian, karena kuliner yang terdiri ayam goreng, ayam kampung goreng atau nila goreng ditambah tempe dan tahu goreng, ikan asin serta sayur rebus.

“Nah sayurannnya ini yang membuat sehat karena kandungannya seperti terong untuk antioksidan dan mencegah kanker, bayam meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung,” ucapnya.

Lalu ada ketimun untuk menurunkan tekanan darah, labu siam untuk imunitas dan fungsi jantung. Kemudian tahu tempe dapat mengurangi gejala menopause dan osteoporosis.

“Kalau ikan asin baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Lalu yang membuatnya bikmat karena memiliki rasa sambal yang sangat pedas dicampur dengan jeruk purut,” tuturnya.

News Feed