English English Indonesian Indonesian
oleh

Penguatan Skolastik Segera Digelar

MAKASSAR, FAJAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pendidikan punya program bertemakan penguatan potensi skolastik. Program ini ditujukan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII yang bakal lanjut ke Perguruan Tinggi.

Program Pendampingan Super Intensif Skolastik bagi Siswa SMA di Sulawesi Selatan tahun 2024 ini segera digelar. Apalagi, seleksi masuk perguruan tinggi juga sudah dekat.

Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Andi Iqbal Nadjamuddin mengatakan, Disdik sudah menyurati seluruh sekolah sasaran pelaksanaan program tersebut. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk dimulai.

“Bulan ini sudah dimulai. Kami sudah menyurati sekolah untuk jadwalnya, cuma mungkin efektifnya dilaksanakan setelah hari pencoblosan (Pemilu),” ujar Iqbal.

Tes skolastik sendiri merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Mulai dari kemampuan penalaran umum, literasi, pengetahuan dan pemahaman umum, dan pengetahuan matematika. Tes ini sering digunakan dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

Program ini dicanangkan atas dasar bahwa tidak semua siswa memiliki kemampuan secara materil untuk ikut bimbingan belajar penguatan skolastik. Maka dari itu, Disdik menggelarnya bekerja sama dengan sekolah melibatkan tentor-tentor dari perguruan tinggi.

Langkah ini dilakukan agar siswa tidak perlu khawatir harus membayar uang Bimbel. Diketahui, tes potensi skolastik ialah salah satu tes yang diujikan dalam UTBK SNBT 2024.

Iqbal mengutarakan, target pelaksanaan kegiatan ini ialah seluruh SMA di Sulawesi Selatan. Dengan pelaksanaannya dibagi dalam beberapa gelombang atau periode.

News Feed