English English Indonesian Indonesian
oleh

Makan Gratis

Cita-cita dan tujuan bangsa yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 sejak Indonesia merdeka yaitu 17 Agustus 1945 berbunyi: “kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial..”

Indonesia sudah membangun selama78 tahun, dengan sumber alam yang kaya dan subur seperti lagu Koes Plus: Tongkat  Kayu jika ditanam bisa tumbuh.  Tapi mengapa ya, bangsa ini yang pemerintahannya telah berganti sebanyak 8 kali  dengan 7 orang presiden yaitu Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur , Megawati, SBY, dan Jokowi. Tetap masih banyak rakyat miskin walaupun negara telah berupaya membuat utang kepada Bank Dunia. Utang negara untuk pembangunan  bertambah terus-menerus. Data pada akhir November 2023, nilai total utang pemerintah Indonesia mencapai Rp 8.041,01 triliun atau 38,11 % terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).  Data menunjukkan masih banyak rakyat miskin, data pada bulan Maret 2023 sebanyak 25,90 juta.

Rakyat Indonesia harus lebih kerja keras, giat menciptakan inovasi baru sehingga dapat menghasilkan pendapatan untuk membiayai hidupnya dan keluarganya, agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Negara harus hadir untuk memberi atau membuka lapangan kerja.

Pasal 33 ayat (3) mencantumkan, “bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar -besar kemakmuran rakyat”.  Berikan kesempatan rakyat untuk bekerja di bumi ini, biar rakyat mandiri dan mempunyai semangat hidup untuk mengembangkan kemampuan, keterampilannya. Negara perlu memberikan rasa kepercayaan diri bagi semua individu rakyat Indonesia.

***

Kemarin, tanggal 14 Februari 2024  merupakan hari Pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden, memilih calon legislatif yang akan duduk di tingkat DPRD, DPR Provinsi, DPRD Kota, DPR Pusat, dan Dewan Perwakilan Daerah. Masyarakat  Indonesia telah memilih pemimpin baru untuk 5 tahun. Semoga 5 tahun akan lebih baik dari kepemimpinan sekarang, agar pembangunan dapat memberi hasil pendapatan lebih tinggi agar dapat membayar  utang minimal membayar bunga utang.

Hasil QuickCount menunjukkan bahwa paslon nomor 2 Prabowo- Gibran menang, artinya menang satu putaran. Jika kemenangan ini sesuai dengan hasil penghitungan suara dari KPU maka Prabowo -Gibran akan menjadi Presiden dan Capres untuk 5 tahun. Banyak sekali program yang telah disampaikan oleh Prabowo dan Gibran. Masyarakat berharap janji-janji yang disampaikan oleh paslon nomor 2 pada saat kampanye dapat dilaksanakan selama 5 tahun. Antara lain program yang disampaikan adalah program makan siang gratis dan susu gratis. Banyak masyarakat memilih paslon nomor 2 karena mengharapkan  makan siang gratis, membangun rumah sakit  di semua desa-desa  serta memperbanyak dokter ahli.

Semoga Allah SWT merahmati pemimpin baru untuk  dapat membawa bangsa ini mencapai cita-cita yaitu Sejahtera,  Aman, dan Damai. (*)

News Feed