English English Indonesian Indonesian
oleh

Didukung Ormas Islam, Iqbal Parewangi Optimis di Dapil Sulsel 1

FAJAR, MAKASSAR-Dukungan luas dan masif dari para tokoh, kader, dan simpatisan sejumlah Ormas Islam semakin meneguhkan langkah AM Iqbal Parewangi kembali ke Senayan.

Dukungan itu sekaligus mengonfirmasi hasil-hasil survei selama ini, khususnya terkait peluang diantara Caleg DPR RI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di daerah pemilihan Sulawesi Selatan 1, yang menunjukkan AM Iqbal Parewangi terus memimpin di posisi teratas.

“Hampir sama tahun 2014 silam. Malah dukungan tambah luas. Itu energi besar, dan berdaya energizer dahsyat. Berkat pertolongan Allah, kemenangan semakin dekat. Aamiin,” ujar Iqbal Parewangi menanggapi fenomena merebaknya dukungan keumatan pada ikhtiar politiknya.

Pada Pemilu Legislatif 2024, Iqbal Parewangi mendapat dukungan luas dari keluarga besar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Wahdah Islamiyah, BKPRMI, Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KB PII), Persaudaraan Muslim Indonesia (PARMUSI), sejumlah pesantren dan lembaga pendidikan berjaringan, juga dari jaringan Sobat AMIP dan alumni GAMA College.

Sekarang dukungan itu bertambah dari keluarga besar Hidayatullah, JILC lewat Mizwar selaku owner, dan lainnya. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Selatan, misalnya, menerbitkan surat resmi yang ditujukan kepada seluruh pimpinan daerah, cabang, ranting, ortom, dan amal usaha Muhammadiyah se-Dapil 1.

Surat tertanggal 31 Oktober 2023 itu, ditandatangani Wakil Ketua PWM Sulsel Dr Ir HM Syaiful Saleh MSi dan Sekretaris PWM Dr Ir H Abdul Rakhim Nanda ST MT IPM, berisi penyampaian untuk mendukung Iqbal Parewangi.

Sebelumnya, atas arahan langsung Dr KH Muhammad Zaitun Rasmin, dukungan dari keluarga besar Wahdah Islamiyah untuk memenangkan Iqbal Parewangi meluas cepat dan masif.

Para tokoh ormas Islam yang dikenal taat imamah itu, seperti Dr Muhammad Qasim Saguni, Ahmad Hanafi PhD, ustadz Ikhwal Jalil Lc, dan lainya, turun gunung menyampaikan tausyiah siyasah pada berbagai kegiatan silaturahim akbar bersama Iqbal Parewangi.

Di lingkungan Wahdah Islamiyah dan Hidayatullah, Iqbal Parewangi dikenal sebagai aktivis keumatan lintas ormas yang mengusung tema perjuangan “menang siyasah menang dakwah”.

Bagi yang paham rekam jejak Iqbal Parewangi selama ini, termasuk visi-misi dan gerakannya “mewujudkan kepemimpinan umat untuk bangsa” lewat Pemilu 2024, tidak akan heran melihat luas dan masifnya dukungan politik dari berbagai Ormas Islam tersebut.

Keterlibatan Iqbal Parewangi di berbagai ormas Islam sudah berlangsung lama. Sebelum mendirikan ICMI Muda atas restu Prof BJ Habibie, 20 tahun silam, Iqbal Parewangi yang juga pendiri GAMA College dan e-learning platform Gen Cendekia, tercatat sebagai salah satu Ketua ICMI Orwil SulSel.

Saat ini, di tingkat Sulawesi Selatan, diamanahi sebagai Dewan Pembina Wahdah Islamiyah, BKPRMI, dan KB PII. Alumni Fisika UGM dan Pascasarjana IPB itu juga diamanahi sebagai Dewan Pakar Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM, PARMUSI, dan beberapa organisasi lainnya.

Terbaru, Dewan Penasehat Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) dan IKAJO itu didapuk sebagai Presidium Majelis Kebangsaan Rahmatan lil’Alamiin (MAKRAM). (nsrn/*)

News Feed